Belgia Menang Mudah atas Rusia, Ini 7 Statistiknya

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 13 Jun 2021 05:30 WIB
St. Petersburg -

Belgia berhasil mengantongi tiga poin di fase grup Euro 2020 usai menggulung Rusia 3-0. Berikut ini adalah tujuh statistik kemenangan mudah Belgia itu.

Belgia menghadapi Rusia dalam laga Grup B yang dilangsungkan di Stadion St. Petersburg, Minggu (13/6/2021) dinihari WIB. The Red Devils unggul dua gol lebih dulu di babak pertama melalui Romelu Lukaku dan pemain pengganti Thomas Meunier.

Gol ketiga Belgia baru tiba di tiga menit terakhir waktu normal, yang kembali disumbangkan oleh Lukaku.

Hasil ini menempatkan Belgia di puncak klasemen grup dengan perolehan tiga poin, sementara Rusia di posisi terbawah. Di pertandingan kedua, Belgia akan menghadapi Denmark pada 17 Juni sedangkan Rusia melawan Finlandia pada sehari sebelumnya.

Berikut ini adalah tujuh statistik usai pertandingan Belgia vs Rusia, yang dirangkum Opta:

1. Belgia tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan di seluruh kompetisi (menang 8, seri 2) dan hanya sekali kalah dalam 24 pertandingan internasionalnya (menang 20, seri 3). Kekalahan itu diderita dari Inggris 1-2 di UEFA Nations League pada Oktober 2020.

2. Rusia menderita empat kekalahan dari enam pertandingan kompetitif (menang 2) setelah hanya sekali kalah dalam 13 pertandingan sebelumnya (menang 10, seri 2).

3. Belgia tidak pernah memetik hasil seri dalam 13 pertandingan terakhirnya di Piala Eropa (menang 6, kalah 7), sebuah laju yang dimulai di laga final 1980 yang berakhir dengan kekalahan 1-2 dari Jerman Barat.

4. Yuri Zhirkov (37 tahun 296 hari) adalah pemain Rusia tertua yang pernah bermain di Piala Eropa. Zhirkov melewati rekor Sergei Ignashevich dari 2016 (36 tahun 342 hari melawan Wales).

5. Romelu Lukaku telah terlibat dalam terjadinya 26 gol hanya dalam 19 penampilan terakhir untuk Belgia di semua ajang. Lukaku mencetak 22 gol dan menciptakan empat assist.

6. Delapan gol yang diciptakan Lukaku untuk Belgia di turnamen mayor (Piala Dunia dan Piala Eropa) terlahir di fase grup.

7. Thomas Meunier terlibat langsung atas terlahirnya empat gol dalam tiga penampilan terakhirnya untuk Belgia di pertandingan kompetitif dengan mencetak satu gol dan tiga assist. Cuma satu gol tanpa assist dalam sembilan pertandingan dibuat Meunier sebelumnya.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(rin/pur)