Dokter Tim Denmark Ungkap Momen Ngeri Saat Tolong Eriksen

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 13 Jun 2021 09:00 WIB
Denmarks Christian Eriksen lays on the ground after collapsing during the Euro 2020 soccer championship group B match between Denmark and Finland at Parken stadium in Copenhagen, Denmark, Saturday, June 12, 2021. (Friedemann Vogel/Pool via AP)
Dokter tim Denmark mengakui denyut jantung Christian Eriksen sempat melambat sebelum bisa diselamatkan usai melakukan CPR. (Foto: AP/Friedemann Vogel)
Copenhagen -

Kondisi Christian Eriksen kini sudah stabil. Dokter tim Denmark Morten Boesen mengungkapkan, momen-momen krusial saat berusaha menolong Eriksen di lapangan.

Bintang sepakbola Denmark itu tiba-tiba jatuh tidak sadarkan diri di menit-menit akhir pertandingan Euro 2020 melawan Finlandia tadi malam. Tim medis buru-buru menangani Eriksen yang tersungkur tidak bergerak di atas lapangan.

Tangis pemain-pemain kedua kesebelasan, khususnya Denmark dan penonton pecah menyaksikan insiden yang menimpa pemain tengah Inter Milan itu. Eriksen kemudian mendapatkan pertolongan CPR (resusistasi jantung dan paru) sebelum akhirnya ditandu keluar lapangan untuk kemudian dilarikan ke rumah sakit setempat.

Boesen mengatakan bahwa denyut jantung Christian Eriksen ketika itu semakin lama semakin melambat. Tapi pada akhirnya setelah dilakukan pertolongan pertama Eriksen bisa kembali sadar.

"Dia bernapas, dan saya bisa merasakan denyut jantungnya. Namun, tiba-tiba hal itu berubah. Dan seperti yang disaksikan semua orang, kami mulai memberikan CPR," ungkap Boesen kepada AP.

"Kami mampu mendapatkan Christian kembali dan dia sudah bisa berbicara dengan saya sebelum dia dibawa ke rumah sakit."

Pertandingan Denmark vs Finlandia diputuskan dihentikan sementara sebelum dilanjutkan kembali pada beberapa jam berikutnya setelah kondisi Eriksen dipastikan membaik. Pada akhirnya Denmark dipaksa menyerah dengan skor tipis 0-1.

Pelatih Denmark Kasper Hjulmand memaklumi kekalahan timnya. "Tentu saja Anda tidak bisa memainkan sebuah pertandingan dengan perasaan seperti itu," kata dia.

"Apa yang kami coba lakukan itu luar biasa. Luar biasa karena para pemain mampu keluar dan berusaha memainkan pertandingan babak kedua," Hjulmand memuji sikap para pemain timnya usai insiden Eriksen.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini



Simak Video "Olahraga Sebabkan Kematian?"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)