Inggris Vs Kroasia, Nostalgia Tiga Singa Tunduk di Piala Dunia

Tim detikcom - Sepakbola
Minggu, 13 Jun 2021 16:20 WIB
Jakarta -

Waktunya Inggris Vs Kroasia di Euro 2020. Inggris memang mengalahkan Kroasia dalam pertemuan terakhir kedua tim. Tapi di Piala Dunia 2018 lalu, Tiga Singa pun pernah tak berdaya di hadapan lawan yang sama.

Dari dua pertemuan terakhir kedua tim, Inggris tak terkalahkan atas Kroasia. The Three Lions mencatatkan satu kemenangan di laga terakhir dan sebelum itu hasil seri. Kedua laga tersebut hadir di UEFA Nations League.

Sementara dalam head to head terakhir kedua tim di sebuah ajang besar, Inggris Vs Kroasia malah berakhir 1-2 buat Kroasia. Hasil itu hadir di Piala Dunia 2018.

Kroasia, dalam lajunya sampai ke final Piala Dunia 2018, memang melewati turnamen itu dengan mantap. Di fase grup saja Luka Modric cs saat itu bisa menggilas Argentina tiga gol tanpa balas alias 3-0.

Skuad berjuluk Vatreni itu lalu lolos ke fase gugur sebagai juara grup. Lawan pertama yang dihadapi dalam laga hidup-mati saat itu adalah Denmark, yang disisihkan lewat adu penalti.

Berikutnya, Kroasia berhadapan dengan tuan rumah Rusia di perempatfinal. Saat itu Rusia sedang pede-pedenya usai menyingkirkan Spanyol di babak 16 besar. Tapi langkah sang tuan rumah pun dihentikan Kroasia lewat adu penalti.

Di babak semifinal, Kroasia berhadapan dengan Inggris. Kali ini duel bisa dituntaskan Modric cs tanpa sampai ke adu penalti. Kroasia melibas Inggris dengan skor 2-1 lewat extra time.

Pada semifinal Piala Dunia 2018 saat itu, Inggris sebenarnya unggul duluan lewat Kieran Trippier di menit kelima. Tapi gol Ivan Perisic di menit ke-68 membangkitkan Kroasia yang lantas memastikan kemenangan lewat Mario Mandzukic di menit ke-109.

Duel tersebut sangat mungkin masih dikenang dengan pahit oleh Tiga Singa. Duel Inggris Vs Kroasia nanti malam pun menghadirkan momen untuk melakukan revans.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(krs/yna)