Euro 2020: Sempat Tegang, Inggris Lega Bisa Menang

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 04:30 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 13: Players of England acknowledge the fans after the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between England and Croatia at Wembley Stadium on June 13, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Inggris menang 1-0 atas Kroasia di laga pertama Grup D Piala Eropa 2020 (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Inggris menang atas Kroasia di laga pertamanya di Piala Eropa 2020. Gareth Southgate mengakui kemenangan itu sedikit meredakan ketegangan timnya.

Duel Inggris vs Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB, membuka persaingan Grup D Euro 2020. The Three Lions keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 berkat gol Raheem Sterling di babak kedua.

Kemenangan itu mengakhiri catatan buruk Inggris di laga pembuka Piala Eropa. Sebelumnya, Inggris tidak pernah memenangi pertandingan pertamanya di sembilan Piala Eropa yang mereka ikuti.

Dalam sembilan laga itu, Inggris mencatat lima hasil imbang dan empat kali kalah. Terakhir di Piala Eropa 2016, Inggris imbang 1-1 dengan Rusia di laga pertama fase grup.

Manajer Inggris Gareth Southgate puas dengan penampilan Harry Kane dkk saat mengalahkan Kroasia. Dia juga mengakui kemenangan atas Kroasia mengurangi ketegangan Inggris.

"Saya paling senang dengan penampilan tim. Menang tentu saja penting. Menang di pertandingan pertama meredakan ketegangan, tapi bukan berarti kami sudah lolos dan itulah target pertama," ujar Southgate kepada BBC Radio 5 Live.

"Penampilannya sangat bagus. Tadi adalah momen besar, hari yang sangat panas dan para pemain menyesuaikan diri dengan cepat, mengolah bola dengan baik dan kami membatasi Kroasia sehingga sangat sedikit menciptakan peluang bersih."

"Mereka lawan yang bagus, yang sangat kami hormati, dan kami sangat mengenal mereka, jadi saya senang sekali bukan cuma dengan para pemain yang jadi starter, tapi juga mereka yang datang dan seluruh grup atas cara mereka mempersiapkan diri untuk pertandingan ini."

Berkat kemenangan atas Kroasia, Inggris untuk sementara memimpin klasemen Grup D Piala Eropa 2020 dengan tiga poin. Inggris selanjutnya akan menghadapi Skotlandia, Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/ran)