Jangan Bercanda Lagi Ya, Belanda

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 07:30 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - JUNE 13: Wout Weghorst of Netherlands celebrates with Frenkie de Jong and Georginio Wijnaldum after scoring their sides second goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group C match between Netherlands and Ukraine at the Johan Cruijff ArenA on June 13, 2021 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Olaf Kraak - Pool/Getty Images)
Gini Wijnaldum meminta Belanda tidak lagi lengah di laga kedua Euro 2020 (Getty Images/Olaf Kraak - Pool)
Amsterdam -

Belanda sempat kehilangan dua gol sebelum akhirnya bisa mengalahkan Ukraina. Singa Oranye tak boleh begitu lagi jika ingin bertahan lama di Euro 2020.

Belanda mengawali kiprahnya di turnamen ini dengan menghadapi rivalnya di Grup C Ukraina di Johan Cruyff ArenA, Senin (14/6/2021) dini hari WIB. Belanda untuk pertama kalinya tampil main di ajang besar setelah absen di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Berbekal semangat baru, Belanda tampil agresif sejak menit awal meski harus puas dengan skor 0-0 di akhir babak pertama. Barulah di babak kedua, Belanda memecah kebuntuan pada menit ke-53 lewat Gini Wijnaldum.

Striker baru Belanda, Wout Weghorst menggandakan keunggulan enam menit setelahnya. Tapi, Ukraina yang sepertinya akan kalah telak malah mampu bangkit dan mencetak dua gol dalam rentang dua menit.

Diawali gol Andriy Yarmolenko, Ukraina membuat skor 2-2 berkat tandukan Roman Yaremchuk. Sampai Belanda akhirnya mencetak gol kemenangan di menit ke-85 berkat gol Denzem Dumfries.

Menang 3-2, Belanda bisa mencetak tiga gol di satu laga untuk pertama kalinya sejak mengalahkan Prancis 4-1 di fase grup Piala Eropa 2008. Kemenangan yang begitu melegakan tapi juga mengesalkan untuk Wijnaldum selaku kapten tim.

Sebab, dua gol Ukraina diakibatkan kelengahan para pemain Belanda yang cepat puas dengan keunggulan 2-0. Beruntung saja Dumfries bisa mencetak gol ketiga.

Maka dari itu, Wijnaldum mewanti-wanti agar Belanda tidak coba main-main di pertandingan jika ingin terus melaju.

"Saya lega sekali. Kami tampil bagus secara keseluruhan, tapi kami malah memberikan dua peluang untuk mereka dalam 10 menit dan berujung dua gol," ujar Wijnaldum di BBC Sport.

"Kami harus belajar lagi jika kami tampil bagus, maka harus segera mengunci pertandingan," sambungnya.

"Kami membiarkan mereka bangkit dan itulah yang harus diperhatikan," tutup Gini Wijnaldum.

(mrp/nds)