Euro 2020: Jangan Senang Dulu, Inggris

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 20:30 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 13: Players of England acknowledge the fans after the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between England and Croatia at Wembley Stadium on June 13, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Para pemain Inggris saat merayakan kemenangan atas Kroasia. Foto: Getty Images/Catherine Ivill
Jakarta -

Inggris berhasil memenangi laga perdana Piala Eropa 2020. Hasil itu memang bagus, tapi The Three Lions diingatkan bahwa tantangan ke depan lebih berat.

Inggris menundukkan Kroasia 1-0 dalam laga perdana Grup D di Wembley, Minggu (13/6/2021). Gol tunggal Raheem Sterling di babak kedua menjadi pembeda di laga tersebut.

Penampilan Inggris bisa dibilang lebih baik dari Kroasia, khususnya di babak pertama. Setelah unggul, barulah serangan Harry Kane dkk agak mengendur. Meski begitu, Kroasia berhasil diredam.

Eks penyerang Timnas Inggris, Wayne Rooney, menyambut baik kemenangan ini, apalagi lawannya adalah Kroasia, runner-up Piala Dunia 2018. Kini kans lolos ke babak 16 besar terbuka lebar.

"Meraih kemenangan jelas hebat, Kroasia itu tim yang bagus, dan hasil itu akan membuat para pemain sekarang merasa lega, karena posisi mereka cukup nyaman di grup," kata Rooney dalam acara Good Morning Euros di Sky Sports.

"Mereka bisa lepas dari ketegangan saat bersiap melawan Skotlandia (di laga kedua), kalau misalnya kemarin tidak menang, mungkin mereka akan lebih cemas," eks Everton dan Manchester United itu menambahkan.

Rooney yakin Inggris bisa lolos ke fase gugur, namun mengingatkan bahwa dari situ, lawan-lawan yang ada akan lebih berat. Kualitas saja tak cukup, namun juga harus dibarengi mental kuat. Inilah gunanya para pemain senior.

"Skotlandia jelas lawan sulit, tapi setelah mengalahkan Kroasia, saya pikir Inggris akan lolos ke babak berikutnya dengan mudah," lanjut Rooney.

"Di situlah segalanya bisa jadi sulit untuk Inggris. Kamu berpeluang melawan Prancis, Portugal, atau Belgia. Salah satu dari tim top tersebut."

England players celebrate at the end of the Euro 2020 soccer championship group D match between England and Croatia at Wembley stadium in London, Sunday, June 13, 2021. England won 1-0. (AP Photo/Frank Augstein, Pool)Tantangan buat Inggris diyakini baru hadir saat fase gugur. Foto: AP/Frank Augstein

"Para pemain di skuad Inggris amat berkualitas, hanya pengalaman mereka yang bikin saya khawatir. Itulah mengapa penting untuk Harry Maguire dan Jordan Henderson segera fit, karena peran mereka amat vital."

"Kalau melihat kualitas, Inggris setara dengan tim lain, dan punya kans besar," tegas Rooney. Inggris selanjutnya akan melawan Skotlandia pada Sabtu (19/6/2021) pukul 02.00 WIB.

Saksikan keseruan Piala Eropa 2020 bersama detikcom di sini.

(adp/krs)