Argentina Vs Chile: Messi Bikin Gol, Tim Tango Seri 1-1

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 15 Jun 2021 06:03 WIB
Rio de Janeiro -

Argentina harus puas berbagi angka di laga pertama Copa America 2021. Menghadapi Chile, Argentina ditahan imbang dengan skor akhir 1-1.

Big match antara Argentina vs Chile dilangsungkan di Stadion Nilton Santos, Rio de Janiero, Selasa (15/6/2021) dinihari WIB. Argentina unggul lebih dulu berkat gol tendangan bebas cantik Lionel Messi di babak pertama.

Albiceleste tampil menyerang di sepanjang pertandingan. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka gagal menghadirkan gol tambahan.

Sementara itu, Chile berhasil menciptakan gol balasan di babak kedua. Eduardo Vargas menyambar bola rebound usai eksekusi penalti Arturo Vidal bisa ditangkis kiper Argentina.

Dengan demikian, Argentina memuncaki klasemen sementara Grup A Copa America 2021 usai mengoleksi satu poin. Chile di bawahnya dengan angka serupa.

Jalannya Pertandingan

Argentina berhasil keluar dari tekanan di menit-menit awal untuk menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Di menit ke-12, Giovanni Lo Cleso mengirim umpan ke tiang jauh, tapi Lautaro Martinez gagal melakukan sontekan usai dibayangi pemain lawan.

Serangan balik berbahaya Chile pada dua menit berselang. Meneses berniat bekerja sama dengan Palacio di area tiang jauh, tapi Otamendi bisa membaca serangan itu lalu memotong operannya.

Argentina menguji kiper Claudio Bravo. Di menit ke-16, operan Lo Celso membebaskan Nicolas Gonzalez sebelum melepaskan tembakan mendatar, meski masih mentah di tangan Bravo.

Gonzalez membuang sebuah peluang emas untuk membawa Argentina di depan. Lagi-lagi dari kerjasamanya dengan Lo Celso, Gonzalez tinggal berhadapan dengan Bravo tapi penyelesaian dia dari jarak dekat hanya mengarah ke pelukan Bravo.

Usaha Argentina akhirnya membuahkan hasil. Di menit ke-34, Messi membawa Argentina memimpin 1-0 lewat tendangan bebas.

Diawali dari pelanggaran terhadap Lo Celso, wasit lantas menghadiahi Argentina tendangan bebas di posisi yang berbahaya. Lionel Messi tampil sebagai eksekutor lalu melepaskan tembakan akurat yang mengarah ke sudut atas gawang Chile tanpa bisa ditahan Bravo.

Lautaro melewatkan kesempatan emas untuk mencetak gol. Pada menit ke-38, operan Messi membentur pemain lawan lalu diteruskan Gonzalo Montiel kepada Lautaro. Tapi dalam posisi bebas, Lautaro gagal melakukan sontekan sehingga bola hanya melenceng.

Seusai turun minum, Chile meningkatkan intensitasnya. Umpan terobosan Pulgar kepada Eduardo Vargas memaksa Emiliano Martinez melakukan penyelamatan bagus.

Wasit menghadiahi penalti kepada Chile! Nicola Tagliafico dinyatakan mengganjal Arturo Vidal, yang dikonfirmasi oleh pemeriksaan VAR.

Vidal mengambil penalti itu sendiri, tapi tembakannya ke arah tengah gawang Argentina terbaca Martinez. Bola lalu memantul ke arah mistar sebelum dicecar oleh Vargas untuk menjadikan skor 1-1 di menit ke-57.

Lagi-lagi Argentina gagal memaksimalkan peluang. Messi mengirim umpan lambung matang sehingga menempatkan Gonzalez dalam posisi one-on-one dengan Bravo. Tapi sundulan Gonzalez malah melambung.

Argentina terus menggempur pertahanan Chile. Di lima menit terakhir, Angel Di Maria mengecoh sejumlah pemain belakang Chile, tapi sepakannya masih melebar.

Di injury time, Messi melakukan sundulan ke arah gawang. Bravo tidak bereaksi dengan cepat tapi, Roco dalam posisi yang tepat untuk menyapu bola.

Jelang laga berakhir, Argentina mengklaim penalti setelah Gonzalo Montiel melakukan handball di kotak terlarang. Namun, usai dilakukan pemeriksaan lewat VAR, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Pertandingan pun berakhir, skor 1-1 tetap bertahan.

Susunan Pemain

ARGENTINA: Martinez, Otamendi, Tagliafico, Lucas Martinez, Montiel (Molina 87'), Paredes, De Paul, Lo Celso (Di Maria 68'), Messi, Lautaro Martinez (Aguero 81'), Nicolas Gonzalez (Correa 80')

CHILE: Bravo, Isla, Medel (Roco 84'), Mena, Maripan, Vidal (Alarcon 85'), Aranguiz, Pulgar, Meneses (Galdames 90+3'), Vargas (Pinares 77'), Palacios (Bereton 77')

(rin/raw)