Turki Vs Wales: Bale Gagal Penalti, The Dragons Menang 2-0

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 17 Jun 2021 01:02 WIB
Baku -

Wales berpeluang melangkah ke babak 16 besar Euro 2020. Hal itu terjadi setelah mengalahkan Turki 2-0 di matchday kedua Grup A.

Duel di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, antara Turki vs Wales yang tuntas pada Kamis (17/6/2021) dini hari WIB, berjalan sangat seru. Kedua tim saling jual-beli serangan untuk mencari kemenangan.

Pada akhirnya, Wales yang keluar sebagai pemenang. Aaron Ramsey mencetak gol jelang turun minum dan Connor Roberts memperbesar skor di injury time.

Hasil ini membuat peluang Wales ke babak 16 besar terbuka lebar karena untuk sementara mengoleksi empat poin dan memimpin Grup A. Turki justru sangat kecil peluang untuk melaju ke fase knock-out karena sudah kalah dua kali.

Dalam kurun waktu satu jam lagi, ada duel antara Italia vs Swiss yang juga di Grup A. Azzurri saat ini mengoleksi tiga poin setelah mengalahkan Turki 3-0 dan Swiss punya satu angka karena imbang 1-1 melawan Wales.

Turki harus habis-habisan di laga terakhir melawan Swiss. Jika mendapatkan tiga poin, bisa saja Turki lolos dengan status peringkat tiga terbaik dengan asumsi Italia tak kalah dari Swiss.

Jalannya Pertandingan

Turki dan Wales bermain sangat sengit sejak awal babak pertama. Kedua tim bermain terbuka sehingga balas-balasan serangan pun terjadi.

Pada menit keenam, Wales berhasil menciptakan sebuah peluang emas. Berawal dari sodoran Gareth Bale kepada Aaron Ramsey yang masuk ke dalam kotak penalti.

Pemain asal klub Juventus itu berhasil mengecoh bek lawan, kemudian melepaskan tendangan. Namun, upayanya itu masih bisa digagalkan kiper Turki, Ugurcan Cakir.

Giliran Burak Yilmaz yang mengancam Wales di menit kedelapan. Dia sukses menyambar bola umpan silang, tapi arahnya masih melebar dari gawang.

Ramsey memiliki peluang kedua untuk bisa membawa Wales unggul pada menit ke-24. Kali ini bola tendangannya masih melenceng jauh di atas mistar gawang.

Ramsey akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-42. Umpan Gareth Bale ke kotak penalti disambut baik dan Ramsey dengan mudah menceploskan bola ke gawang. Wales pun memimpin 1-0 hingga turun minum.

BAKU, AZERBAIJAN - JUNE 16: Aaron Ramsey of Wales scores their side's first goal past Ugurcan Cakir of Turkey during the UEFA Euro 2020 Championship Group A match between Turkey and Wales at Baku Olimpiya Stadionu on June 16, 2021 in Baku, Azerbaijan. (Photo by Naomi Baker/Getty Images)Gol Aaron Ramsey ke gawang Turki. Foto: Getty Images/Naomi Baker

Turki langsung menggedor di awal babak kedua. Dari jarak dekat di menit ke-46, Cengiz Under gagal mengarahkan bola ke gawang. Hakan Calhanoglu juga masih belum bisa merobek gawang Wales setelah bola tembakannya dari luar kotak penalti diamankan kiper Danny Ward.

Ramsey benar-benar merepotkan Turki sejauh ini. Dia kembali melepaskan tembakan meski bola berhasil diamankan Cakir.

Wales mendapat hadiah penalti di menit ke-61 setelah Mehmet Zeki Celik melanggar Bale. Pemain milik Real Madrid itu kemudian maju sebagai eksekutor dan bola tembakannya melambung sangat tinggi di atas gawang.

Turki berusaha keras mencari gol penyeimbang, Beberapa peluang didapat, tapi tidak ada satupun yang berbuah gol sampai menit ke-75.

Wales tidak main bertahan meski sudah unggul. Tim besutan Rob Page tetap menyerang dan peluang emas didapat saat berhasil menanduk bola dari umpan Ramsey di menit ke-78, tapi Cakir bisa mengamankan gawang dengan oke.

Danny Ward membuat penyelamatan gemilang di menit ke-87. Dia dengan sigap menepis bola sundulan Merih Demiral dari umpan sepak pojok.

Wales berhasil menambah gol injury time. Umpan Bale dituntaskan dengan baik oleh Connor Roberts dan Wales menang dengan skor 2-0.

Susunan Pemain

Turki: Ugurcan Cakir; Caglar Soyuncu, Kaan Ayhan, Okay Yokuslu, Umut Meras, Zeki Celik, Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan, Kenan Karaman, Cengiz Under, Burak Yilmaz.

Wales: Danny Ward; Joe Rodon, Chris Mepham, Joe Allen, Ben Davies, Connor Roberts, Aaron Ramsey, Joe Morrell, Gareth Bale, Daniel James, Kieffer Moore.

(ran/mrp)