Ironi Gareth Bale: Penalti Gagal, tapi Bikin Dua Assist

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 17 Jun 2021 04:47 WIB
Baku -

Gareth Bale sempat gagal mencetak gol dari eksekusi penalti di laga Turki vs Wales. Namun, dia tetap menjadi yang paling oke di laga itu.

Duel matchday kedua Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, antara Turki vs Wales yang tuntas pada Kamis (17/6/2021) dini hari WIB, berjalan sangat seru. Kedua tim saling jual-beli serangan untuk mencari kemenangan.

Pada akhirnya, Wales yang keluar sebagai pemenang. Aaron Ramsey mencetak gol jelang turun minum dan Connor Roberts memperbesar skor di injury time, yang semuanya lahir dari assist Bale.

Kapten Wales itu kemudian dinobatkan sebagai man of the match (MOTM). Di satu sisi, Bale sempat gagal mencetak gol lewat eksekusi penalti.

Hasil ini membuat peluang Wales ke babak 16 besar terbuka lebar karena untuk sementara mengoleksi empat poin di urutan kedua Grup A, di belakang Italia dengan enam poin. Turki justru sangat kecil peluang untuk melaju ke fase knock-out karena sudah kalah dua kali dan harus berjuang merebut tempat ketiga terbaik.

"Kami selalu bermain untuk seragam, kami bekerja keras sebagai tim dan itu bagus baginya (Aaron Ramsey) untuk membawa kami ke awal yang baik. Mudah-mudahan kami bisa terus bermain bagus di sisa turnamen," kata Bale seperti dikutip dari The Guardian.

Pelatih Wales, Robert Page, memuji sang kapten. Dia mengakui bahwa tanpa dua assist Bale, Wales tak mungkin bisa menang.

"Tanpa dua assistnya, kami tidak memenangkan pertandingan ini, sesederhana itu. Dia menunjukkan keberanian yang luar biasa untuk bereaksi secara positif dari kegagalan penalti, dan itu berbicara banyak tentang dia sebagai seorang pria," tegsnya.

Wales selanjutnya berhadapan dengan Italia selaku tuan rumah Grup A. Pemenang di laga ini nantinya bakal menjadi juara grup.

Turki harus habis-habisan di laga terakhir melawan Swiss. Jika mendapatkan tiga poin, bisa saja Turki lolos dengan status peringkat tiga terbaik dengan catatan juga meraih banyak gol.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(ran/mrp)