Southgate dan Kane 'Serang' Ronaldo soal Geser Botol Coca-Cola

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 18 Jun 2021 09:00 WIB
Cristiano Ronaldo
Momen Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca-Cola di konferensi pers. (Foto: Dok. Dugout/Onefootball)
London -

Aksi Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca-Cola ditanggapi kubu Timnas Inggris. Manajer Gareth Southgate dan striker Harry Kane punya pandangan berbeda.

Ronaldo bikin heboh dengan aksinya menggeser botol Coca-cola di konferensi pers jelang laga Grup F Euro 2020 antara Hongaria vs Portugal, Senin (14/6) waktu setempat.

Jelang tanya jawab dengan wartawan, Ronaldo memindahkan botol Coca-cola ke samping, sampai tak kelihatan kamera. Kemudian, ia menyarankan lebih baik minum air putih, dengan gesture menaruh botol air mineral di depannya.

Perdebatan muncul, mengingat Coca-Cola adalah salah satu sponsor turnamen. Menurut Southgate dan Kane, jelang laga melawan Skotlandia, sebaiknya pemain tetap menghormati sponsor.

"Saya pikir ada banyak sponsor dalam olahraga, dan dampak dari uang mereka di semua tingkatan membantu olahraga itu berfungsi, terutama olahraga akar rumput di negara kami yang memang membutuhkan banyak investasi. Tanpa beberapa perusahaan tersebut berinvestasi, sangat sulit untuk menyediakan fasilitas yang kami butuhkan," kata Southgate di konferensi pers.

"Dengan apa pun, tentu saja, kami memperhatikan masalah obesitas dan kesehatan di negara kami. Tetapi semuanya dapat dilakukan dalam jumlah yang sedang."

"Apa pun yang Anda ambil bagian, atau ambil bagian dalam jumlah sedang, jarang menjadi masalah. Saya paham kekhawatiran yang dimiliki satu atau dua orang untuk memiliki alasan berbeda untuk sikap yang mereka ambil. Tetapi, selalu ada gambaran yang lebih besar untuk hal-hal ini," jelas Southgate.

Senada dengan sang manajer, Kane juga menilai sponsor telah mengeluarkan banyak uang di Euro 2020. Untuk itu, ia menilai pemain sebaiknya tetap fokus pada hal-hal pertandingan, ketimbang mengurusi produk sponsor.

"Saya sangat setuju," kata Kane, soal opini Southgate.

"Para sponsor berhak mendapatkan apa yang mereka inginkan jika mereka telah membayar uang untuk itu. Ini bukan sesuatu yang secara pribadi saya pikirkan terlalu banyak."

"Jelas saya pernah melihatnya beredar di media sosial, tetapi jika saya benar-benar boleh jujur, saya akan lebih fokus pada hari esok daripada hal seperti itu," kata striker Tottenham Hotspur itu.

(yna/bay)