Ada Klaim Fernandes Sulit Bikin Gol karena Portugal Ronaldo-sentris

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 18 Jun 2021 22:15 WIB
BUDAPEST, HUNGARY - JUNE 15: Cristiano Ronaldo of Portugal celebrates with Bruno Fernandes and team mates after scoring their sides second goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group F match between Hungary and Portugal at Puskas Arena on June 15, 2021 in Budapest, Hungary. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Bruno Fernandes sulit bikin gol karena Cristiano Ronaldo? (Getty Images/Alex Pantling)
Lisbon -

Tampil tajam di level klub tak serta membuat Bruno Fernandes moncer di Timnas Potugal. Cristiano Ronaldo ditenggarai jadi penyebabnya.

Sejak memperkuat Manchester United pada Januari 2020, Fernandes langsung jadi mesin gol klub itu. Berposisi sebagai gelandang serang, Fernandes bisa mencetak 28 gol dan 17 assist musim lalu.

Jika ditotal dengan golnya di setengah musim pertama bareng MU, Fernandes sudah membuat 40 gol dan 25 assist dari 80 penampilan.

Ini adalah jumlah terbanyak di antara pemain lain sejak Fernandes menjadi pemain Setan Merah. Belum lagi jika melihat statistiknya bersama Sporting CP, 63 gol dan 52 assist. Wajar jika Fernandes begitu diandalkan oleh klub dan tentunya Timnas Portugal.

Fernandes kini jadi bagian dari lini serang Selecao Das Quinas yang berjuang mempertahankan trofi Piala Eropa kali ini. Tapi, performa Fernandes masih jauh dari yang diharapkan di timnas.

Sejak debut pada 10 November 2017, Bruno Fernandes baru bikin empat gol dari 30 penampilan. Performanya saat Portugal mengalahkan Hungaria 3-0 di partai pertama Piala Eropa 2020 juga tak mengesankan.

Fernandes kesulitan mengembangkan permainan selama 89 menit berada di lapangan dan cuma mencatatkan dua attempts. Wajar jika Fernandes akhirnya disorot karena performanya itu, sementara Ronaldo tampil gemilang lewat dua gol.

Tapi, ada anggapan bawah Fernandes dan para pemain depan Portugal lain yang tampil tajam di klub seperti Diogo Jota dan Andre Silva, sulit bersinar karena tim terlalu Ronaldo-sentris.

Ronaldo wajib dilayani lebih dulu sebelum pemain lainnya. Namun, Fernandes membantahnya.

"Cristiano begitu penting di Euro kali ini. Semua orang tahu soal kemampuan dan kapasitasnya, dan bagaimana mudahnya dia mencetak gol," ujar Bruno Fernandes di Sportsman.

"Tapi dia selalu mementingkan tim kok. Semua pemain di tim ini selalu mengikuti nasihatnya: berikan yang terbaik untuk tim," sambungnya.

"Dia adalah orang yang selalu jadi inspirasi kami dan juga panutan, seperti yang dilihat saat membuat dua gol ke gawang Hungaria."

Silakan tengok perkembangan Euro 2020 lewat link ini.

(mrp/krs)