Hasil Swedia Vs Slovakia: Penalti Forsberg Menangkan Blagult

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 18 Jun 2021 22:01 WIB
SAINT PETERSBURG, RUSSIA - JUNE 18: Robin Quaison of Sweden is fouled by Martin Dubravka of Slovakia leading to a penalty being awarded during the UEFA Euro 2020 Championship Group E match between Sweden and Slovakia at Saint Petersburg Stadium on June 18, 2021 in Saint Petersburg, Russia. (Photo by Anton Vaganov - Pool/Getty Images)
Swedia menang 1-0 atas Slovakia di Grup E Euro 2020. (Foto: Getty Images/Anton Vaganov - Pool)
Jakarta -

Swedia memetik kemenangan penting yang menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Penalti Emil Forsberg memenangkan mereka 1-0 atas Slovakia.

Laga Swedia vs Slovakia dalam lanjutan Grup E Piala Eropa 2020 berlangsung Krestovsky Stadium, Jumat (18/6/2021) malam WIB. Slovakia tampil mendominasi di babak pertama, tapi skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Swedia gantian mengambil inisiatif lebih besar di babak kedua. Tekanan bertubi pada prosesnya menghasilkan penalti, yang sukses dieksekusi oleh Emil Forsberg.

Skor 1-0 untuk keunggulan Swedia itu bertahan sampai peluit panjang. Tim berjuluk Blagult itu kini memuncaki Grup E Euro 2020 dengan empat poin, unggul satu poin dari Slovakia.

Posisi mereka masih bisa digeser oleh Spanyol yang mengumpulkan satu poin di posisi tiga dan akan menghadapi Polandia (0 poin), Minggu (20/6/2021) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Swedia menekan di awal laga. Sepakan Sebastian Larsson membentur bek Slovakia kemudian diamankan Martin Dubravka.

Victor Lindelof membuat kesalahan di lini belakang Swedia pada menit kelima, kala tendangannya meleset saat hendak menyapu umpan silang. Beruntung baginya tak ada pemain Slovakia untuk menyambar bola tersebut.

Dari sepak pojok, umpan Marek Hamsik disambar sundulan Juraj Kucka. Tapi bola masih melambung di atas gawang.

Swedia balas mengancam di menit ke-13. Umpan silang Larsson ditanduk Mikael Lustig namun masih melayang di atas mistar gawang.

Pertandingan berjalan alot, kedua tim belum benar-benar mengancam gawang lawan. Hamsik mencoba menembak di menit ke-35 di bawah tekanan Marcus Danielson, bola belum menemui sasaran.

Hamsik kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-43, berawal dari kesalahan Swedia. Swedia kehilangan bola di pertahanan sendiri akibat tekanan dari Slovakia.

Ondrej Duda menguasai bola dan menyodorkannya ke Hamsik di depan kotak penalti. Tapi penyelesaiannya masih melambung, dengan Hamsik menunjukkan kekesalannya terhadap sang rekan karena umpan yang kurang nyaman. Babak pertama selesai tanpa gol.

Babak kedua dimulai dengan lebih intens. Sepakan Emil Forsberg diblok Milan Skriniar dan berujung korner. Dari sepak pojok, bola kembali jatuh ke kaki Forsberg yang kembali melepas tembakan. Kali ini melenceng.

Slovakia membalas di menit ke-50. Menerima bola dari Peter Pekarik, Duda menembak dari tepi kotak penalti tapi masih meluncur ke atas gawang.

Peluang bagus dari Slovakia di menit ke-58. Kucka menyambar umpan silang Hamsik dan Olsen menunjukkan refleks cemerlang untuk menepis. Belakangan diketahui Kucka dalam posisi offside.

Semenit berselang, giliran Swedia mengancam. Umpan lambung Larsson ditanduk Ludwig Augstinsson dan dihalau Dubravka dengan satu tangan.

Tekanan lain dari Swedia di menit ke-60. Sundulan Marcus Danielson dari jarak dekat melambung. Sementara tembakan Forsberg dari depan kotak penalti kembali dibelokkan Skriniar ke samping gawang.

Swedia mulai lebih banyak menciptakan peluang sejak pergantian babak. Lustig menusuk di kanan dan mengirimkan umpan yang disundul Alexander Isak, namun berakhir melambung.

Penalti! Tekanan Swedia membuahkan penalti di menit ke-75, ketika Quaison diganjal Dubravka saat mengejar umpan terobosan. Forsberg maju sebagai eksekutor dan sukses menceploskan bola ke pojok kanan gawang.

Umpan korner Slovakia dari Duda di menit ke-87 memicu kemelut di dalam kotak penalti Swedia. Tapi pertahanan Swedia berhasil memblok sejumlah tendangan dan mengamankan situasi.

Sampai laga usai, tak ada gol lain tercipta. Swedia vs Slovakia berakhir dengan skor 1-0.

Susunan pemain:

Swedia: Robin Olsen, Mikael Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augstinsson (Bengtsson 88'); Seb Larsson, Kristoffer Olsson (Claesson 64'), Albin Ekdal (Gustav Svensson 88'), Emil Forsberg (Emil Krafth 90'); Alexander Isak, Marcus Berg (Quaison 64')

Slovakia: Martin Dubravka; Peter Pekarik (Haraslin 64'), Milan Skriniar, Lubomir Satka, Tomas Hubocan (Hancko 85'); Juraj Kucka, Patrik Hrosovsky (Duris 84'); Martin Koscelnik, Marek Hamsik (Benes 79'), Robert Mak (Vladimir Weiss 76'); Ondrej Duda



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)