Inggris Butuh Gol, Southgate kok Malah Ganti Kane?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Sabtu, 19 Jun 2021 08:20 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 18: Harry Kane of England interacts with Gareth Southgate, Head Coach of England as he is substituted during the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between England and Scotland at Wembley Stadium on June 18, 2021 in London, England. (Photo by Matt Dunham - Pool/Getty Images)
Gareth Southgate ungkap alasan ganti Harry Kane (Foto: Getty Images/Matt Dunham - Pool)
London -

Saat Inggris butuh gol untuk mengalahkan Skotlandia, Gareth Souhtgate justru menarik keluar Harry Kane. Tim Tiga Singa kemudian menutup laga dengan imbang 0-0.

Inggris tertahan 0-0 oleh Skotlandia di Wembley pada matchday kedua Grup D Piala Eropa 2020, Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB. Inggris sebenarnya tampil dominan sejak menit awal.

Three Lions mencatatkan penguasaan bola sebesar 61 persen dibanding 32 persen milik Skotlandia. Meski menguasai jalannya laga, Inggris kesulitan untuk menembus lini pertahan The Tartan Army hingga laga tuntas.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, langsung mendapat sorotan atas hasil imbang timnya ini. Apalagi, ia membuat keputusan yang layak dipertanyakan pada menit ke-74.

Saat Inggris buntu, Southgate justru menarik keluar Harry Kane untuk digantikan dengan Marcus Rashford. Kebijakan ini terbilang tak efektif.

Tanpa Kane, Inggris tak memiliki target man di lini depan. Rashford justru lebih banyak turun menjemput bola.

Dari 10 sentuhan yang dilakukan Rashford di laga ini semuanya terjadi di luar kotak penalti. Penyerang Manchester United ini juga sama sekali tak melepaskan tembakan.

Usai laga, Southgate mengungkap alasan mengapa mengganti Kane dengan Rashford. Ia melakukan hal tersebut karena memang membutuhkan pemain yang muncul dari belakang.

Pelatih 50 tahun ini menilai Rashford sudah menjalankan instruksinya dengan baik. Meski, hasilnya di lapangan tak sesuai harapan.

Kami membutuhkan pemain yang lebih banyak muncul dari belakang. Saya merasa Marcus akan memberi kami energi itu.

"Kami harus memenangkan pertandingan pada saat itu. Kita bisa tahu diri kita sendiri - itu dimulai dengan saya - dan harusnya bisa melakukan yang lebih baik. Kami tidak melakukan cukup banyak untuk memenangkan pertandingan malam ini," ujar Southgate dikutip dari situs resmi UEFA.

Hasil imbang ini membuat Inggris berada di peringkat kedua Grup D dengan empat angka. Poin mereka sama dengan Republik Ceko di puncak klasemen tapi kalah selisih gol.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.



Simak Video "Budapest dan Munich Jadi Tuan Rumah Piala Eropa, Ada Apa Saja di Sana?"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/bay)