Makin Dekat! Cristiano Ronaldo Bayangi Rekor Gol Ali Daei

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 20 Jun 2021 15:00 WIB
BUDAPEST, HUNGARY - JUNE 14: Cristiano Ronaldo smiles during the Portugal Training Session ahead of the Euro 2020 Group F match between Hungary and Portugal at Puskas Arena on June 14, 2021 in Budapest, Hungary. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Makin Dekat! Cristiano Ronaldo Bayangi Rekor Gol Ali Daei. Foto: Getty Images/Alex Pantling
Jakarta -

Cristiano Ronaldo makin dekat saja dengan rekor gol Ali Daei sebagai pemain tersubur di level tim nasional. Tinggal berapa lagi jaraknya?

Ronaldo baru saja mencetak gol paling anyarnya dalam laga Portugal Vs Jerman di Euro 2020. Ia yang menginisiasi gol itu lewat serangan balik cepat, sebelum kemudian sekaligus jadi penuntas serangan.

Portugal pada prosesnya memang kalah dengan skor 2-4 dari Jerman. Tapi Ronaldo tetap mampu menambah koleksi golnya.

Dengan tambahan gol tersebut, CR7 kini sudah mengoleksi tiga gol dari dua laga Euro 2020. Pesepakbola 36 tahun dari klub Juventus itu juga menjadi salah satu pemain tersubur turnamen sejauh ini.

Tambahan gol tersebut sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai top skor Euro sepanjang masa dengan 12 gol di babak utama. Makin jauh meninggalkan Michel Platini, pemegang rekor sebelumnya dengan 9 gol.

Total 12 gol yang dicetak Cristiano Ronaldo dalam perhelatan babak utama Piala Eropa itu dibuatnya dari 23 penampilan, dari lima edisi pesta sepabola negara-negara Eropa.

Gol-gol yang dicetak Cristiano Ronaldo dari dua pertandingan Euro 2020 ini sekaligus membuatnya semakin dekat kepada rekor gol Ali Daei yang mencetak 109 gol dari penampilannya bersama timnas Iran.

Daei, legenda sepakbola Iran dengan torehan 149 caps, adalah pemain paling subur dalam sejarah sepakbola di level timnas saat ini. Tapi posisinya makin terancam Ronaldo.

Saat ini Cristiano Ronaldo sudah mengemas 107 gol dari 177 penampilannya bersama timnas Portugal. Dengan kata lain, Ronaldo cuma butuh tambahan dua gol lagi untuk menyamai rekor Ali Daei.

Portugal sendiri kini menempati posisi ketiga klasemen Grup F Euro 2020 denan satu laga tersisa untuk mengejar tiket lolos ke babak 16 besar. 12 tim akan lolos langsung ke babak itu lewat finis pertama dan kedua di klasemen akhir grup, dengan 4 slot sisa menjadi milik tim-tim dengan peringkat ketiga terbaik.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(krs/cas)