Italia Vs Wales: Azzurri Samai Rekor Tak Terkalahkan 82 Tahun Silam

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 04:30 WIB
ROME, ITALY - JUNE 20: Matteo Pessina of Italy celebrates after scoring the opening goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group A match between Italy and Wales at Olimpico Stadium on June 20, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Italia lolos sebagai juara Grup A Euro 2020 dengan poin sempurna. (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Jakarta -

Kemenangan atas Wales memperpanjang catatan tak terkalahkan Italia. Gli Azzurri baru saja menyamai rekor yang terukir 81 tahun silam.

Italia menang tipis 1-0 saat menghadapi Wales di laga terakhir Grup A Euro 2020, Minggu (20/6/2021) malam WIB. Satu-satunya gol itu dicetak oleh Matteo Pessina di menit ke-39.

Kemenangan ini memastikan Italia lolos sebagai juara grup dengan nilai sempurna 9 dari 3 pertandingan. Tim besutan Roberto Mancini ini tampil cemerlang, mencetak tujuh gol tanpa kebobolan sama sekali.

Hasil ini memperpanjang laju tak terkalahkan Italia menjadi 30 pertandingan. Opta mencatat ini mengulang rekor rangkaian pertandingan tanpa kekalahan terpanjang mereka, yang diukir antara 1935-1939 di bawah Vittorio Pozzo.

Dengan demikian pula, Italia berkesempatan mengukir rekor baru jika bisa mempertahankan laju di babak 16 besar. Mereka masih menunggu siapa yang akan jadi runner-up Grup C, yang akan menjadi lawan di tahap ini.

Opta turut mencatat, bahwa Italia belum pernah kalah sekalipun sejak Juni 2013 ketika mereka mencetak gol. Kekalahan terakhir itu ditelan dari Brasil pada ajang Piala Konfederasi.

Dalam periode tersebut, Italia memetik 39 kemenangan dan berimbang 12 kali. Melihat laju dan catatan-catatan sejauh ini, tak mengejutkan jika Italia dijadikan salah satu favorit juara Piala Eropa 2020.



Simak Video "Kerumunan Suporter Inggris Jelang Final Euro 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/bay)