Marco Verratti Akhirnya Debut Juga di Euro!

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 10:53 WIB
ROME, ITALY - JUNE 20: Marco Verratti of Italy battles for possession with Joe Allen of Wales during the UEFA Euro 2020 Championship Group A match between Italy and Wales at Olimpico Stadium on June 20, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Marco Verratti (kiri) berduel dengan Joe Allen di Euro 2020. (Foto: Getty Images/Ryan Pierse)
Roma -

Marco Verratti tak menyangka akhir bisa juga tampil di Euro 2020. Dia sebelumnya tidak yakin mampu membantu Gli Azzurri.

Italia memainkan laga terakhir di Grup A dengan melawan Wales. Dalam duel yang berlangsung di Stadion Olimpico, Minggu (20/6/2021) malam WIB, Verratti tampil penuh untuk Azzurri.

Gelandang milik Paris Saint-Germain itu juga menciptakan assist untuk gol kemenangan yang dicetak oleh Matteo Pessina. Itu sekaligus menjadi debut oke Verratti di ajang besar internasional.

Marco Verratti sempat gagal tampil di Euro 2016 karena masalah cedera hernia. Pada ajang Euro 2020 dia juga nyaris tidak bisa tampil karena punya masalah cedera lutut pada sebulan yang lalu.

Pelatih Roberto Mancini mencoba berpikir positif terhadap cedera Verratti dan tidak melakukan pencoretan. Italia kemudian tidak bisa diperkuat pemain berusia 28 tahun itu di dua laga awal fase grup.

Kesabaran dan keyakinan Mancini dengan Verratti sepertinya terbayar tuntas. Verratti pun senang dan tak menyangka bisa bermain di Euro 2020.

"Ini sulit, karena pada awalnya saya bahkan tidak yakin apakah bisa berpartisipasi di Euro," kata Verratti kepada RAI Sport.

"Saya berterima kasih kepada staf medis dan pelatih yang menunggu saya. Itu adalah hari yang istimewa dan saya sangat senang," sambungnya.

Selama Verratti absen, trio lini tengah Italia yang diisi Manuel Locatelli, Jorginho, dan Nicolo Barella malah tampil top. Mancini pun diyakini bakal pusing memilih starter di laga selanjutnya.

"Kami sangat beruntung dan merasa terhormat bisa bermain untuk tim ini dan ini tidak seperti di level klub. Sungguh menyenangkan berada di sini, baik kami bermain atau tidak," Marco Verratti menegaskan.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020 di sini

(ran/krs)