Euro 2020: Rotasi Mancini di Italia agar Tak seperti Piala Dunia 1990

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 12:35 WIB
ROME, ITALY - JUNE 20: Gianluigi Donnarumma of Italy is replaced by team mate Salvatore Sirigu during the UEFA Euro 2020 Championship Group A match between Italy and Wales at Olimpico Stadium on June 20, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Slavatore Sirigu masuk menggantikan Gianluigi Donnarumma. (Foto: Getty Images/Ryan Pierse)
Roma -

Roberto Mancini berusaha keras memberi kesempatan pemain Italia yang dibawa ke Euro 2020. Mancini tampak tak mau para pemain merasakan kekecewaan yang dia alami di Piala Dunia 1990.

Italia memainkan laga terakhir di Grup A dengan melawan Wales. Dalam duel yang berlangsung di Stadion Olimpico, Minggu (20/6/2021) malam WIB, Mancini selaku pelatih Gli Azzurri membuat banyak perubahan pemain.

Hal itu tak lepas karena Italia sudah mengunci tiket ke babak 16 besar, namun belum dipastikan sebagai juara grup. Keputusan Mancini merotasi tidak buruk, terlebih timnya mampu menang 1-0 lewat gol Matteo Pessina.

Selama laga berlangsung, Mancini bahkan juga berani mengganti kiper Gianluigi Donnarumma untuk memainkan Salvatore Sirigu. Pada pergantian terakhir itu, Mancini seolah tak mau ada pemain yang nantinya kecewa karena tidak dapat kesempatan merumput meski namanya masuk dalam 26 skuad Euro 2020.

Sejauh ini, tinggal sisa kiper Alex Meret yang belum bermain. Roberto Mancini harus menunggu momen yang pas andai mau menurunkan kiper milik Napoli itu di Euro 2020.

"Saya sangat senang melihat bahwa saya mengubah delapan pemain, namun tim bermain bagus, bisa mencetak gol melawan tim yang sangat defensif," kata Mancini usai mengalahkan Wales.

Roberto Mancini pernah mengalami nasib yang tidak mengenakkan di Piala Dunia 1990. Dia masuk dalam skuad Azeglio Vicini, tapi sama sekali tidak main.

Italia pada ajang tersebut meraih tempat ketiga selaku tuan rumah. Roberto Baggio dkk. kala itu kalah di semifinal dari Argentina lewat adu penalti.

Mancini tercatat tidak pernah tampil di Piala Dunia selama masih menjadi pemain. Pada Piala Dunia 1994, namanya dicoret dari skuad Arrigo Sacchi dan Mancini kemudian bisa dikatakan pensiun muda dari tim nasional.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020 di sini.

(ran/krs)