Ousmane Dembele Cedera! Out dari Euro 2020

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 19:00 WIB
Frances Ousmane Dembele, left, takes a shot during the Euro 2020 soccer championship group F match between Hungary and France at the Ferenc Puskas stadium in Budapest, Hungary Saturday, June 19, 2021. (Tibor Illyes/Pool via AP)
Ousmane Dembele akhiri Euro 2020 lebih cepat karena cedera lutut (AP/Tibor Illyes)
Budapest -

Ousmane Dembele takkan lagi lanjut di Euro 2020 bersama Timnas Prancis. Cedera memaksa Dembele pulang lebih cepat.

Dembele jadi pemain pengganti saat Prancis menghadapi Hungaria di laga kedua Grup F, Sabtu (19/6/2021) malam WIB usai turun minum. Tapi, Dembele bermain tak sampai babak kedua selesai.

Dembele merasakan sakit pada kakinya dan harus digantikan Thomas Lemar pada menit ke-89. Padahal Dembele sejak masuk menggantikan Adrien Rabiot bermain cemerlang dan sering merepotkan perathanan Hungaria.

Dua hari setelah laga itu, Dembele menjalani pemeriksaan oleh tim medis Prancis dan hasilnya pun tak menyenangkan. Dembele mengalami masalah pada lututnya.

Dari hasil tersebut, diputuskan bahwa Ousmane Dembele tidak mungkin lagi tampil di sisa turnamen Euro 2020. Itu artinya Dembela harus dicoret dari skuad.

"Ousmane Dembele menjalani pemindaian di rumah sakit Budapest Minggu malam," ujar pernyataan resmi Federasi Sepakbola Prancis (FFF).

"Waktu pemulihan membuatnya tidak bisa tetap bertahan bareng tim. Setelah berdiskusi dengan pemain dan dokter tim Franck Le Gall, pelatih Didier Deschamps, dipastikan bahwa Ousmane Dembele tidak bisa tampil lagi di sisa turnamen ini."

Absennya Ousmane Dembele tak seharusnya memusingkan Deschamps karena dia punya alternatif di lini serang. Selain Antoine Griezmann, Karim Benzema, dan Kylian Mbappe, masih ada Olivier Giroud, Kingsley Coman serta Wissam Ben Yedder.

Prancis yang memuncaki Grup F Piala Eropa 2020 dengan empat poin akan menghadapi Portugal pada matchday terakhir hari Rabu (23/6) malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Timnas Prancis cuma butuh hasil imbang untuk bisa memastikan lolos ke babak 16 besar.

(mrp/rin)