Ukraina Vs Austria: Menang 1-0, Das Team ke 16 Besar

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 01:02 WIB
Bucarest -

Austria berhasil mengalahkan Ukraina 1-0. Hasil ini membawa Das Team menyegel tiket ke-16 besar Euro 2020 sebagai runner-up Grup C mendampingi Belanda.

Ukraina vs Austria pada matchday ketiga Grup C Piala Eropa 2020 dihelat di Arena Naționala, Bucarest, Rumania. Setelah kedua tim tanpa peluang berbahaya di awal laga, Austria mampu membuka keunggulan di menit ke-20.

Mereka menciptakan gol dari shoot on target pertama di laga ini. Memanfaatkan tendangan penjuru David Alaba dari sisi kiri, Christoph Baumgartner bisa menyontek bola di depan gawang. Bola tak mampu dibendung oleh kiper Ukraina, Georgi Buschchan. Austria unggul 1-0.

Tertinggal, Ukraina berusaha merespon tiga menit berselang. Peluang emas mereka dapatkan dari tembakan melengkung Ruslan Malinovskiy dari sisi kiri kotak penalti Austria.

Namun, sepakannya masih bisa ditepis Daniel Buschchan. Andriy Yarmolenko yang berusaha melakukan rebound juga gagak menyambar bola.

Pada menit ke-37, Stefan Lainer menusuk di dalam kotak penalti sebelum melepas tembakan ke arah gawang Ukraina. Usahanya Austria kali ini masih bisa diamankan oleh Buschchan dengan terbang menepis bola.

Austria kembali punya peluang di menit akhir babak pertama. Marcel Sabitzer yang bisa menjangkau umpan panjang di kotak penalti lalu menyodorkan bola ke Marko Arnautovic. Sepakan Arnautovic justru terlalu lemah hingga mudah diredam Buschchan.

Skor 1-0 untuk keunggulan Austria bertahan hingga turun minum.

Ukraina hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-61. Umpan tendangan bebas Viktor Tsigankov dari sisi kiri yang berusaha dihalau Lainer justru mengarah ke gawang. Austria selamat dari kebobolan usai Bachmann masih bisa menepis bola.

Memasuki pertengahan babak kedua, laga berjalan monoton tanpa peluang berbahaya. Austria menurunkan tempo permainan, sedangkan Ukraina kesulitan dalam mengembangkan serangan.

Tak ada gol tambahan yang tercipta. Austria menutup laga dengan kemenangan 1-0.

Hasil ini membuat Austria menyegel peringkat kedua Grup C dengan enam angka. Sementara, Ukraina tertahan di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Austria memastikan melaju ke-16 besar menyusul Belanda yang memuncaki Grup C dengan sembilan angka. Pada babak 16 besar, Austria bakal bersua dengan Italia.

Peluang Ukraina ke-16 besar juga belum sepenuhnya tertutup. Mereka masih menunggu hasil dari grup lain untuk bisa ke fase gugur dengan status peringkat ketiga terbaik

Makedonia Utara yang menduduki posisi juru kunci dengan tanpa poin menjadi tim yang dipastikan tersingkir dari Grup C.

Susunan Pemain

Austria: Daniel Bachmann; Stefan Lainer, Aleksandar Dragovic, Martin Hinteregger, David Alaba; Konrad Laimer (Stefan Ilsanker 72'), Xaver Schlager, Florian Grillitsch; Christoph Baumgartner (Alessandro Schoepf 33'), Marcel Sabitzer; Marko Arnautovic (Sasa Kalajdzic 90').

Ukraina: Georgi Buschchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko (Artem Biesiedin 85'); Mykola Shaparenko (Marlos 68'), Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Ruslan Malinovskiy (Viktor Tsigankov 46').

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(pur/nds)