Hasil Finlandia Vs Belgia: De Rode Duivels Lolos Sempurna!

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 04:00 WIB
Jakarta -

Belgia menjejak babak 16 besar Euro 2020 dengan nilai sempurna. Itu setelah De Rode Duivels menang 2-0 atas Finlandia di laga pamungkas grup.

Belgia menghadapi Finlandia di Krestovsky Stadium, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB, pada lanjutan Grup B Euro 2020 dalam posisi sudah dipastikan lolos. Romelu Lukaku dkk sempat kesulitan menghadapi perlawanan gigih Finlandia di babak pertama.

Tapi gol bunuh diri Lukas Hradecky di menit ke-74 membuka jalan Belgia. Romelu Lukaku lantas menggandakan keunggulan di menit ke-81, sekaligus memastikan Belgia menang 2-0.

Dengan kemenangan ini, Belgia lanjut ke babak 16 besar dengan nilai sempurna sembilan dari tiga pertandingan. Sementara Finlandia mesti menunggu nasib lewat jalur tim posisi tiga terbaik karena disalip Denmark.

Denmark finis kedua di Grup B usai menang 4-1 atas Rusia. Mereka punya keunggulan selisih gol (+2) secara head to head dengan Finlandia (0) dan Rusia (-2).

Jalannya Pertandingan

Belgia berupaya menguasai bola dan mendesak Finlandia selepas kick-off. Romelu Lukaku berupaya merangsek di menit keempat, tapi dihentikan kombinasi Joana Toivio dan Paulus Arajuuri.

Umpan terobosan Kevin de Bruyne diterima Lukaku di sisi kiri, diselesaikan dengan sepakan yang berakhir melebar ke kanan gawang. Belakangan wasit meniup peluit tanda offside.

Pertahanan Finlandia tampil disiplin sejauh ini untuk meredam Lukaku dan De Bruyne. Percobaan Axel Witsel dari jarak jauh pada menit ke-23 mengarah tepat ke kiper Lukas Hradecky.

De Bruyne mengirimkan umpan silang menggoda dari kanan pada menit ke-28. Namun tak ada yang menyambut di kotak penalti.

Belgia terus membangun serangan dengan sabar, mencoba mencari celah di pertahanan Finlandia. Witsel kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-32 namun sepakannya melebar ke kanan.

Upaya dari Leandro Trossard dua menit berselang masih melambung. Aksi Jeremy Doku tak lama kemudian diblok oleh Arajurri.

Lukaku lolos dari penjagaan dan menyambut umpan De Bruyne di menit ke-37. Akan tetapi sundulannya terlalu lemah untuk cukup mengancam Hradecky.

Dua menit kemudian, Lukaku mendapatkan kesempatan dari jarak dekat. Tapi Daniel O'Shaughnessy ada di posisi tepat untuk melakukan blok.

Ancaman lain dari Belgia di menit ke-42. Doku bergerak memotong dari kiri dan menembak dengan kaki kanan. Tendangannya masih bisa dijangkau dan ditepis oleh Hradecky.

Belgia mengklaim penalti di menit ke-45 usai Eden Hazard dijatuhkan O'Shaughnessy. Tapi wasit tak melihatnya sebagai pelanggaran. Babak pertama berakhir.

Finlandia memulai babak kedua dengan menjanjikan. Sepakan Joel Pohjanpalo membentur Jason Denayer, lalu upaya lanjutan dari Teemu Pukki memaksa De Bruyne melakukan aksi blok.

Belgia balas mengancam di menit ke-58. Umpan silang mendatar De Bruyne disambar Hazard. Sepakannya tak sempurna dan tepat mengarah ke kiper.

Kombinasi Pukki dan Pohjanpalo membuka celah untuk Finlandia di menit ke-62. Glen Kamara mendapatkan kesempatan, tapi tendangannya membentur pemain Belgia dan diamankan dengan mudah oleh Thibaut Courtois.

Semenit kemudian, sepakan mendatar Hazard menyambut umpan tarik Witsel bisa ditahan oleh Hradecky.

GOL!De Bruyne merangsek dan mengoper ke Lukaku, yang dengan tenang menaklukkan Hradecky. Tapi Video Assistant Referee (VAR) meninjau gol itu dan menyatakan Lukaku offside. Gol Belgia pun dianulir.

GOL! Setelah susah payah membendung Belgia, Finlandia malah kebobolan akibat gol bunuh diri pada menit ke-74. Sepak pojok De Bruyne disundul Thomas Vermaelen dan membentur tiang, lalu bola mengenai Hradecky dan masuk ke gawang.

GOL! Belgia menggandakan keunggulan di menit ke-81. Lukaku melepaskan diri dari O'Shaughnessy usai menerima umpan dari De Bruyne, untuk menuntaskannya dengan kaki kanan ke pojok kanan bawah gawang.

Sepakan Hazard di menit ke-85 melebar ke kanan. Belgia mengontrol situasi hingga pertandingan usai, mengamankan kemenangan ketiga dari tiga laga di fase grup.

Susunan pemain:

Finlandia: Lukas Hradecky; Joona Toivio, Paulus Arajuuri, Daniel O'Shaughnessy; Jukka Raitala, Robin Lod (Forss 91'), Tim Sparv (Schuller 59'), Glen Kamara, Jere Uronen (Alho 70'); Joel Pohjanpalo (Kauko 70'), Teemu Pukki (Jansen 91')

Belgia: Thibaut Courtois; Dedryck Boyata, Jason Denayer, Thomas Vermaelen; Leandro Trossard (Thomas Meunier 75'), Kevin De Bruyne (Vanaken 91'), Axel Witsel, Nacer Chadli; Jeremy Doku (Michy Batshuayi 76'), Eden Hazard, Romelu Lukaku (Christian Benteke 84')

(raw/nds)