Hasil Rusia Vs Denmark: Menang 4-1, Tim Dinamit Lolos Dramatis

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 04:23 WIB
Jakarta -

Denmark lolos secara dramatis ke babak 16 besar Euro 2020. Tim Dinamit menang meyakinkan 4-1 atas Rusia untuk finis sebagai runner-up Grup B.

Denmark menghadapi Rusia di Parken Stadium, Kopenhagen, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB pada laga terakhir Grup B Euro 2020. Tim arahan Kasper Hjulmand itu datang sebagai juru kunci, usai menelan kekalahan 0-1 dari Finlandia dan 1-2 dari Belgia.

Tampil berani di hadapan pendukungnya sendiri, Denmark membuka keunggulan melalui Mikkel Damsgaard di menit ke-38. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Kesalahan fatal dari Roman Zobnin ketika melakukan backpass ceroboh berujung gol kedua Denmark pada menit ke-59. Bola jatuh di kaki Yussuf Poulsen, yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang kosong.

Rusia sempat menipiskan selisih di menit ke-68 melalui titik penalti, setelah Jannik Vestergaard menjatuhkan Sobolev. Artem Dzyuba menaklukkan Kasper Schmeichel dengan tembakan ke tengah.

GOL! Denmark kembali unggul dua gol di menit ke-79. Andreas Christensen menyambar bola sapuan pertahanan Rusia dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Kiper Rusia Matvey Safonov tak siap dengan bola yang datang dengan deras.

GOL! Denmark mencetak gol keempat di menit ke-82. Lewat serangan cepat, Joakim Maehle dengan tenang mengarahkan tembakan mendatar ke pojok kiri bawah gawang.

Kemenangan telak ini memastikan Denmark finis kedua di Grup B Piala Eropa 2020 dengan tiga poin, setelah terbantu kekalahan yang ditelan Finlandia. Finlandia takluk 0-2 dari Belgia akibat gol bunuh diri di menit ke-74 dan dibobol Romelu Lukaku pada menit ke-81.

Meski sama-sama mengoleksi tiga poin, Denmark unggul selisih gol (+2) secara head to head dengan Finlandia (0) dan Rusia (-2). Denmark selanjutnya akan menghadapi Wales di babak 16 besar.

Susunan pemain:

Rusia: Matvey Safonov; Igor Diveev, Fedor Kudryashov (Karavaev 67'), Georgi Dzhikiya; Mario Fernandes, Magomed Ozdoev (Zhemaletdinov 62'), Roman Zobnin, Aleksandr Golovin, Daler Kuzyaev (Mukhin 67'); Aleksey Miranchuk (Sobolev 61'); Artem Dzyuba

Denmark: Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Simon Kjaer, Jannik Vestergaard; Daniel Wass (Stryger Larsen 60'), Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney (Jensen 86'), Joakim Maehle; Martin Braithwaite (Cornelius 85'), Yussuf Poulsen (Kasper Dolberg 60'), Mikkel Damsgaard (Norgaard 72')

(raw/rqi)