Gol Bunuh Diri Finlandia Membuka Jalan Belgia

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 07:20 WIB
Saint Petersburg -

Belgia sempat kesulitan menghadapi perlawanan gigih Finlandia di Euro 2020. Gol bunuh diri kiper Finlandia Lukas Hradecky membuka jalan Belgia.

Laga Finlandia vs Belgia di Grup B Piala Eropa 2020 digelar di Krestovsky Stadium, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. Belgia menang dengan skor 2-0 atas Finlandia di laga itu.

Belgia sudah berupaya menekan Finlandia sejak awal pertandingan. Namun, pertahanan Finlandia yang tampil disiplin menyulitkan Belgia.

Tekanan Belgia baru membuahkan hasil pada menit ke-74. Bola sepak pojok Kevin De Bruyne disundul Thomas Vermaelen dan membentur tiang lalu mengenai Lukas Hradecky dan masuk ke gawang.

Hanya tujuh menit berselang, Belgia menggandakan keunggulannya atas Finlandia. Kali ini giliran Romelu Lukaku yang mencatatkan namanya di papan skor usai menuntaskan umpan De Bruyne.

"Pertandingan yang berat hari ini. Kami tahu kalau Finlandia akan main sangat padu dan akan sulit untuk dibongkar," ujar De Bruyne seperti dilansir situs resmi UEFA.

"Tapi sejak kami bikin gol, kami tahu mereka harus keluar menyerang dan jadi lebih terbuka. Kami jauh lebih baik di babak kedua."

Kevin De Bruyne terpilih sebagai man of the match di laga Finlandia vs Belgia. Gelandang milik Manchester City itu jadi motor serangan Belgia dan menyumbang assist untuk gol Lukaku.

"Selalu menyenangkan mendapat penghargaan pribadi, tapi yang paling penting adalah bagaimana kami main sebagai tim," kata De Bruyne.

"Saya mencoba mendorong tim agar membaik, juga secara individual. Kami belajar banyak hari ini. Sekarang kami harus siap untuk laga berikutnya."

Berkat kemenangan atas Finlandia, Belgia mencatat hasil sempurna di Grup B Euro 2020. The Red Devils lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara grup usai mengumpulkan sembilan poin dari tiga laga.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/raw)