Tim Dinamit Meledak di Saat yang Tepat

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 08:20 WIB
Kopenhagen -

Denmark meledak di saat yang tepat untuk lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020. Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand tak bisa kata-kata atas keberhasilan timnya ini.

Denmark secara luar biasa berhasil lolos ke 16 Piala Eropa 2020. Kepastian tersebut didapat usai mereka menang 4-1 atas Rusia di Parken Stadium pada matchday terakhir Grup B, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB.

Gelontoran empat gol pasukan Kasper Hjulmand lahir dari Mikel Damsgaard, Yussuf Poulsen, Andreas Christensen, dan Jaokim Maehle. Sementara, Beruang Merah hahya bisa membalas lewat penalti Artem Dzyuba.

Tim Dinamit meledak di saat yang tepat untuk keluar dari situasi sulit. Sebelumnya, mereka sempat diambang tak lolos usai menderita dua kekalahan di dua laga Grup B.

Denmark membuka Piala Eropa dengan tumbang 1-0 atas Finlandia. Kekalahan tersebut disertai kejadian yang mengguncang perasaan penggawa Denmark dengan Christian Eriksen sempat kolaps di lapangan.

Pada laga kedua, hasil kurang mengenakan kembali untuk Denmark. Bersua Belgia, mereka sempat unggul lebih dulu lewat Yussuf Poulsen di babak pertama.

Petaka kemudian hadir untuk Denmark selepas jeda. De Rode Duivels bisa membalikkan keadaan dari gol Thorgan Hazard dan Kevin De Bruyne.

Kini, berkat kemenangan telak atas Rusia, Denmark bisa keluar dari lubang jarum usai menyegel posisi runner up Grup B. Mereka mendampingi Belgia sebagai pemuncak klasemen yang meraih hasil sempurna yaitu sembilan poin.

Denmark yang mengumpulkan tiga angka sebenarnya punya poin yang sama dengan Finlandia dan Rusia di urutan ketiga dan keempat. Namun, mereka berhak lolos ke-16 besar karena unggul selisih gol secara head to head yaitu +2 dibanding Finlandia (0) dan Rusia (-2).

Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, kehabisan kata-kata atas keajaiban yang berhasil dibuat anak asuhannya ini. Ia turut berterima kasih kepada para suporter yang terus mendukung Denmark. Menurutnya cinta dari para fans menjadi salah satu faktor utama 'meledaknya' Denmark di laga ini.

"Saya kehabisan kata-kata untuk bisa mengagumi tim ini. Mereka sangat kuat. Pada saat yang sama, saya ingin berterima kasih kepada semua pendukung Denmark, (yang menonton di) stadion," ujar Hjulmand dikutip dari UEFA.

Cinta dan perhatian yang dimiliki seluruh fans Denmark membuktikan mampu membantu menghadirkan tenaga tambahan kepada para pemain hingga keluar stadion," jelasnya.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(pur/nds)