Italia Masih Sempurna di Euro 2020, De Ligt: Belum Ketemu Tim Besar

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 08:40 WIB
Matthijs de Ligt of the Netherlands celebrates his sides 3-0 win at the end of the Euro 2020 soccer championship group F match between North Macedonia and Netherlands, at the Johan Cruyff ArenA in Amsterdam, Netherlands, Monday, June 21 2021. (Koen van Weel/Pool via AP)
Bek Belanda Matthijs de Ligt terkesan dengan penampilan Italia di Euro 2020 (Foto: AP/Koen van Weel)
Jakarta -

Bek Belanda Matthijs de Ligt kagum dengan laju Italia di Euro 2020. Meski demikian, De Ligt belum sepenuhnya yakin dengan kekuatan Italia.

Italia sempurna di fase grup Piala Eropa 2020. Tim arahan Roberto Mancini itu menyapu bersih kemenangan di tiga pertandingan di Grup A.

Pada pertandingan pertama, Gli Azzurri menang atas Turki dengan skor meyakinkan 3-0. Mereka kemudian menang dengan skor yang sama atas Swiss di laga kedua.

Di laga terakhir, Italia menang 1-0 atas Wales. Tiga kemenangan itu mengantar Lorenzo Insigne dkk lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup A.

Performa Italia sejauh ini membuat Matthijs de Ligt terkesan. Meski demikian, bek milik Juventus itu menilai Italia belum teruji oleh tim besar.

"Saya sudah menonton Italia, mereka main sangat bagus. Mereka bahkan kelihatan seperti bukan tim Italia. Mereka menyerang, menekan dengan garis tinggi, dan itu menyenangkan untuk ditonton," ujar De Ligt kepada Sky Sport Italia usai Belanda menang 2-0 atas Makedonia Utara, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB.

"Meski demikian, sama seperti kami, mereka belum melawan tim top seperti Jerman, Portugal, atau Prancis. Itulah langkah selanjutnya buat mereka dan kami."

Sama seperti Italia, Belanda juga sempurna di fase grup Euro 2020. Tergabung di Grup C, Oranje memenangi tiga pertandingan dan lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen.

Italia selanjutnya akan menghadapi Austria di babak 16 besar Euro 2020 yang akan dimainkan di Stadion Wembley, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB. Sementara Belanda akan melawan tim peringkat ketiga dari Grup D, E, atau F.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/pur)