Babak Pertama Tuntas, Inggris Ungguli Ceko 1-0

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 02:49 WIB
Englands Raheem Sterling, right, scores his teams first goal during the Euro 2020 soccer championship group D match between the Czech Republic and England at Wembley stadium, London, Tuesday, June 22, 2021. (Neil Hall/Pool Photo via AP)
Inggris ungguli Republik Ceko 1-0 di babak pertama (AP/Neil Hall)
London -

Babak pertama duel Republik Ceko vs Inggris selesai. The Three Lions unggul 1-0 lewat gol Raheem Sterling.

Inggris langsung menggebrak sejak menit awal dan sudah mendapat peluang di menit kedua. Diawali umpan lambung Luke Shaw dari pertahanan Inggris yang mengarah langsung ke daerah Ceko.

Sterling lolos dari jebakan offside dan langsung menyontek bola melewati adangan Tomas Vaclik. Tapi, si kulit bundar malah membentur tiang dan gagal jadi gol.

Inggris terus menekan pertahanan Ceko dan akhirnya bisa mendapat gol di menit ke-12. Diawali crossing Bukayo Saka yang tak menemui sasaran, bola diamankan oleh Jack Grealish.

Grealish langsung mengoper ke tiang jauh untuk disundul Sterling dengan mudahnya ke gawang kosong.

Setelah gol itu, Inggris masih menguasai pertandingan dan tak memberikan kesempatan untuk Ceko mengembangkan permainan. Barulah selepas menit ke-20, Ceko perlahan mulai sering memegang bola.

Kane mendapat umpan terobosan dari Maguire pada menit ke-26 di kotak penalti. Kane menerima dengan kaki kiri dan mengecoh satu pemain, sebelum menembak ke gawang yang dapat ditepis tangan kanan Vaclik.

Dua menit berselang giliran Ceko punya peluang lewat Tomas Holes. Bola liar dari pertahanan Inggris jatuh di jalur Holes yang langsung menembak ke pojok gawang, hingga memaksa Pickford terbang menepisnya.

Ceko punya kans lagi di menit ke-35 ketika Shaw membuang bola tembakan Jakub Jankto. Bola malah mengarah ke Tomas Soucek untuk disepak dari luar kotak penalti, meski menyamping di sisi kanan gawang Pickford.

Tak ada gol tercipta sehingga pertandingan babak pertama tuntas 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Susunan pemain

Republik Ceko: Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Jan Boril; Tomas Holes, Tomas Soucek; Lukas Masopust, Vladimir Darida, Jakub Jankto; Patrik Schick.

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice; Bukayo Saka, Jack Grealish, Raheem Sterling; Harry Kane.

(mrp/ran)