Inggris Masih Seret Gol, Sterling: Yang Penting Juara Grup!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 05:10 WIB
London -

Raheem Sterling tak peduli dengan kritik soal seretnya gol Inggris di Euro 2020. Yang penting misi The Three Lions lolos sebagai juara grup terwujud.

Inggris sudah memastikan tiket ke babak 16 besar sebelum bertanding kontra Republik Ceko di Wembley, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB. Maka itu matchday ketiga Grup D ini hanya untuk berebut juara grup.

Status ini penting agar Inggris bisa memuluskan jalan ke partai puncak. Kebetulan Inggris masih ada di posisi kedua saat kickoff dengan Ceko unggul selisih gol di puncak klasemen meski sama-sama punya empat poin.

Inggris yang tampil dominan sedari menit awal mampu mencetak gol lewat sundulan Sterling di menit ke-12 meneruskan umpan silang Jack Grealish. Usai unggul 1-0, Inggris malah kesulitan bikin gol.

Hingga pertandingan berakhir, skor tetap bertahan dan Inggris berhak lolos sebagai juara grup dengan tujuh poin dari tiga laga. Meski tak terkalahkan, performa Inggris disorot habis terutama di lini depan.

Punya segudang pemain depan bertalenta, khususnya Harry Kane, Inggris cuma mencetak dua gol! Dari 16 tim peserta, Inggris dengan total 22 tembakan sepanjang fase grup cuma unggul dari Finlandia dengan total 16 tembakan.

Ini menunjukkan ada masalah besar di balik kelolosan Inggris dan harus segera diperbaiki, mengingat calon lawan kuat sudah menunggu di babak 16 besar. Portugal, Jerman, atau Prancis berpeluang bertemu Inggris.

Meski demikian, Sterling tak mau memusingkan hal itu dulu karena Inggris sudah bisa mewujudkan misi awalnya untuk lolos sebagai juara grup. Urusan penyelesaian akhir bisa diperbaiki di sesi latihan.

"Jika Anda tidak kebobolan maka Anda bisa menang, Jika Anda juga bisa mencetak gol ke gawang lawan - dan itu sudah kami lakukan dengan baik. Misi kami dari awal adalah juara grup: kami harus tetap mempertahankan apa yang sudah dilakukan, tetap solid, dan memaksimalkan peluang yang didapat," ujar Raheem Sterling di situs resmi UEFA.

(mrp/nds)