Catatan Langka Ivan Perisic usai Bikin Gol dan Assist

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 07:15 WIB
Glasgow -

Ivan Perisic jadi bintang kelolosan Timnas Kroasia ke 16 Besar Piala Eropa 2020. Lewat gol dan assist, Perisic juga masuk buku rekor.

Hanya mengantung satu poin dari dua pertandingan awal di Grup D, Kroasia butuh kemenangan saat menghadapi Skotlandia di Hampden Park, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Selain harus menang, Kroasia juga berharap Inggris bisa mengalahkan Republik Ceko dengan selisih minimal satu gol. Maka dari itu Kroasia memainkan skuat terbaiknya.

Kroasia sempat berimbang 1-1 di babak pertama setelah gol Nikola Vlasic di menit ke-17 disamakan Callum McGregor di menit ke-42. Pada babak kedua, Kroasia bangkit untuk menang 3-1 lewat gol-gol Luka Modric dan Perisic.

Skor itu bertahan hingga laga usai dan Kroasia berhak lolos sebagai runner-up Grup D dengan empat poin. Meski punya selisih gol sama +1, Kroasia mencetak empat gol berbanding tiga gol milik Ceko.

Kroasia lolos dari lubang jarum dan Perisic jadi bintang dengan torehan satu gol serta satu assist. Hal ini membuat Perisic menyamai catatan apik beberapa pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Dimitri Payet, dan Wesley Sneijder.

Perisic jadi pemain keempat yang mampu bikin gol dan assist di satu laga fase grup dalam dua edisi Piala Eropa berbeda atau lebih. Sebelum ini, Perisic juga mendonasikan satu gol dan satu assist kala mengalahkan Spanyol 2-1 di fase grup lima tahun lalu.

Payet dan Sneijder juga melakukannya dua kali seperti Perisic, sementara rekor dipegang Ronaldo yang melakukanya lima kali. Ini membuktikan kalau Perisic masih penting untuk Kroasia meski sudah berusia 32 tahun.

Apalagi dari 14 pertandingan terakhir turnamen besar sejak Piala Dunia 2014, Ivan Perisic membuat sembilan gol.

(mrp/ran)