Nyali Kroasia Tak Pernah Ciut

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 11:00 WIB
GLASGOW, SCOTLAND - JUNE 22: Zlatko Dalic, Head Coach of Croatia celebrates with Dejan Lovren of Croatia after victory in the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between Croatia and Scotland at Hampden Park on June 22, 2021 in Glasgow, Scotland. (Photo by Paul Ellis - Pool/Getty Images)
Timnas Kroasia berhasil melaju ke babak 16 besar Euro 2020. (Foto: Getty Images/Paul Ellis - Pool)
Glasgow -

Kroasia berhasil lolos dari lubang jarum di fase grup Euro 2020. Meski dalam posisi terjepit, nyali Vatreni tak pernah ciut.

Kroasia vs Skotlandia tersaji di matchday ketiga Grup D. Pada laga yang bergulir di Hampden Park, Glasgow, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB, kedua tim butuh kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Kroasia mampu unggul duluan lewat Nikola Vlasic. Skotlandia kemudian menyamakan skor menjadi 1-1 jelang turun minum lewat Callum McGregor.

Runner-up Piala Dunia 2018 ini kemudian berhasil mengambil alih permainan babak kedua. Kemenangan 3-1 pun didapat setelah Luka Modric dan Ivan Perisic mencetak gol.

Hasil ini membuat Kroasia ke 16 besar sebagai runner-up Grup D dengan empat poin. Skotlandia harus tersingkir karena ada di dasar klasemen dengan 1 poin.

Laga ini sejatinya tidak mudah untuk Kroasia. Bermain di hadapan suporter lawan dan bayang-bayang hasil buruk di dua laga sebelumnya tentu ada, tapi Kroasia tidak pernah takut untuk menekan.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang memberi kami dukungan. Anda adalah kekuatan kami dan kami akan menjadi kebanggaan Anda. 10 hari ini adalah ujian besar bagi saya dan yang lain. Kami menunjukkan apa yang bisa kami lakukan," kata pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, yang dikutip dari situs resmi UEFA.

"Setelah kami kebobolan, kami tidak menyerah. Kami percaya kami bisa melakukannya, bermain dengan tenang dan tetap fokus. Gol cuma masalah waktu saja. Itu adalah pertandingan yang sulit melawan lawan yang tangguh, tetapi kami melakukannya," tegasnya.

Kroasia kini menunggu lawan dari runner-up Grup E. Di tabel tersebut ada Swedia, Slovakia, Spanyol, dan Polandia, yang semuanya masih berpeluang lolos.

Inggris melaju sebagai juara Grup D dengan 7 poin usai mengalahkan Republik Ceko 1-0. Di sisi lain, Ceko tetap lolos lewat jalur posisi ketiga terbaik dengan 4 poin.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)