Slovakia Vs Spanyol: Tim Matador Butuh Pengalaman Cesar Azpilicueta?

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 20:30 WIB
SEVILLE, SPAIN - JUNE 13: Cesar Azpilicueta of Spain controls the ball during the Spain Training Session ahead of the Euro 2020 Group E match between Spain and Sweden at Estadio La Cartuja on June 13, 2021 in Seville, Spain. (Photo by Julio Munoz - Pool/Getty Images)
Foto: Julio Munoz - Pool/Getty Images
Sevilla -

Cesar Azpilicueta belum dimainkan Luis Enrique di dua laga perdana Spanyol di Euro 2020. Saat melawan Slovakia, apakah kapten Chelsea itu dibutuhkan?

Azpilicueta cuma menjadi pemanis bangku cadangan di Euro 2020 sejauh ini. Ia belum dimainkan sama sekali.

Saat Spanyol ditahan Polandia dan Swedia, Enrique lebih memainkan Marcos Llorente di pos bek kanan. Adapun untuk kapten, Jordi Alba lebih dipercaya.

Situasi Spanyol sendiri kini sulit. Baru mengemas dua poin di Grup E, juara Piala Dunia 2010 itu berada di posisi tiga, di bawah Swedia (4) dan Slovakia (3).

Pada Rabu (23/6/2021) malam WIB, Slovakia vs Spanyol akan digelar di matchday ketiga Grup E. Jelang laga krusial itu, Spanyol dinilai butuh sosok Azpilicueta.

Sepanjang musim 2020/2021, Azpilicueta bisa memimpin Chelsea dengan baik, khususnya di paruh kedua musim. Ia membantu The Blues melewati fase genting dengan baik.

Di Liga Champions, Cesar Azpilicueta bisa membawa Chelsea juara. Kemudian di Piala FA, pemain 31 tahun itu juga membawa timnya ke final, meski akhirnya kalah.

Cesar Azpilicueta pun menyamakan situasi Spanyol di Euro 2020 saat ini seperti menghadapi fase knockout. Ia menyerukan semua pemain bersatu.

"Ini pertandingan hidup atau mati. Kami ingin berada dalam situasi yang lebih baik, tetapi yang terpenting adalah mengandalkan diri sendiri dan keuntungan bermain di kandang. Ini seperti pertandingan knock-out," katanya Azpilicueta, seperti dilansir Marca.

"Kami punya banyak pemain muda, tetapi kami semua memiliki pengalaman dalam situasi sulit dan tahu apa yang harus kami lakukan. Kami harus menghadapinya bersama-sama," ujarnya, di konferensi pers.

Pengalaman Azpilicueta di turnamen bersifat Piala itu, seperti dilansir Marca, dibutuhkan Enrique saat melawan Slovakia. Azpilicueta sendiri mengaku siap bermain, meski akan menghormati apa pun keputusan pelatih.

"Target saya adalah memberikan sebanyak yang saya bisa untuk tim. Saya siap bermain. Ada pelatih dan staf yang mengambil keputusan untuk tim, tugas saya membantu dari bangku cadangan," jawab Cesar Azpilicueta.

(yna/cas)