Penalti Gagal dan Gol Bunuh Diri, Spanyol Ungguli Slovakia 2-0

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 23:55 WIB
Slovakias goalkeeper Martin Dubravka scores an own-goal while attempting to clear the ball during the Euro 2020 soccer championship group E match between Slovakia and Spain at La Cartuja Stadium in Seville, Spain, Wednesday June. 23, 2021. (Julio Munoz, Pool Photo via AP)
Spanyol ungguli Slovakia 2-0 di babak pertama (AP/Julio Munoz)
Sevilla -

Babak pertama duel Slovakia Vs Spanyol sudah selesai. Diwarnai penalti Alvaro Morata yang gagal, La Furia Roja memimpin 2-0.

Spanyol yang butuh kemenangan bermain menyerang sejak menit awal untuk mencari gol secepat-cepatnya. Alvaro Morata yang kembali dipasang sebagai starter punya peluang di menit kelima.

Menusuk dari sisi kiri usai menerima umpan Gerard Moreno, Morata mengarahkan bola ke pojok kanan bawah tapi Martin Dubravka mampu menepisnya.

Tekanan Spanyol berbuah penalti untuk mereka di menit ke-12 saat Koke dilanggar Jakub Hromada. Sayangnya, Morata yang maju sebagai eksekutor gagal menunai tugas karena bola tendangannya ke arah kanan mampu diblok Dubravka.

Spain's Alvaro Morata, left, misses to score a penalty kick during the Euro 2020 soccer championship group E match at La Cartuja stadium in Seville, Spain, Wednesday, June 23, 2021. (AP Photo/Thanassis Stavrakis, Pool)Penalti gagal Alvaro Morata Foto: AP/Thanassis Stavrakis

Spanyol tak membuang waktu untuk terus menekan pertahanan Slovakia demi mencari gol. Di menit ke-19, Pedri mengirimkan bola lambung ke kotak penalti dan Pablo Sarabia coba menjangkaunya, tapi malah lebih dekat ke Dubravka.

Semenit kemudian giliran Pedri yang membuang peluang saat Cesar Azpilicueta mengirim crossing ke kotak penalti. Di sana ada pedri yang menyambut dengan sontekan kaki kiri tapi bisa ditepis Dubravka.

Morata di menit ke-24 punya peluang lagi untuk bikin gol. Kali ini dia menemukan ruang tembak di depan kotak penalti dan menyepak bola yang bisa dibendung Dubravka.

Spanyol akhirnya bisa unggul 1-0 pada menit ke-30 karena gol bunuh diri Dubravka. Diawali sepakan Sanabria yang membentur mistar, bola melambung ke atas dan sepertinya akan jatuh ke depan gawang.

Dubravka yang hendak membuang bola malah mengirimnya ke gawang sendiri. Setelah gol itu, Spanyol makin bernafsu menambah gol lagi dan baru didapat di masa injury time babak pertama.

Diawali korner Spanyol yang tak dibuang sempurna oleh barisan belakang Slovakia, bola jatuh di kaki Pedri yang langsung memberikan umpan lambung ke kotak penalti. Moreno menerimanya dan mengirim crossing yang ditanduk oleh Laporte ke pojok atas gawang,

Susunan pemain

Slovakia: Martin Dubravka; Peter Pekarik, Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan; Jakub Hromada, Juraj Kucka; Robert Mak, Marek Hamsik, Lukas Haraslin; Ondrej Duda.

Spanyol: Unai Simon; Jordi Alba, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Cesar Azpilicueta; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Gerard Moreno, Alvaro Morata, Pablo Sarabia.

(mrp/raw)