Hasil Swedia vs Polandia: Blagult Juara Grup E Usai Menang 3-2

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 24 Jun 2021 01:04 WIB
Jakarta -

Swedia lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 sebagai juara Grup E. Tim berjuluk Blagult itu menang dramatis 3-2 atas Polandia untuk finis di depan Spanyol.

Laga Swedia vs Polandia berlangsung di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rabu (23/6/2021) malam WIB. Swedia datang sebagai pemuncak Grup E Euro 2020 dengan empat poin dan sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Sementara Polandia butuh kemenangan untuk menjaga kans lolos. Tapi Polandia langsung mendapatkan pukulan telak di menit kedua.

Tekanan Swedia berujung gol, ketika upaya sapuan dari pertahanan Polandia membuat bola berakhir di kaki Emil Forsberg. Forsberg melewati Kamil Glik lalu melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang.

Polandia nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-17. Umpan korner dari Piotr Zielinski disambut sundulan Robert Lewandowski dan bola cuma membentur mistar gawang. Bola rebound lantas disambar lagi oleh Lewandowski, tapi lagi-lagi mengenai tiang!

Polandia sempat menebar ancaman lain di menit terakhir babak pertama. Zielinski memainkan umpan satu-dua dengan Lewandowski, lalu menyelesaikan kerja sama itu dengan sepakan keras yang dihalau Robin Olsen.

Polandia mengawali babak kedua dengan positif. Sepakan Zielinski dari jarak jauh mengarah ke gawang dan ditepis oleh Olsen.

Swedia merespons di menit ke-50. Robin Quaison menuntaskan umpan Forsberg dengan tembakan, tapi dihalau kiper. Forsberg menyambut bola pantulan, kali ini diblok bek.

Polandia mengancam lagi dua menit berselang. Kini Karol Swiderski yang mengarahkan tendangan melengkung, memaksa Olsen melakukan manuver penyelamatan.

GOL! Swedia menggandakan keunggulan di menit ke-59. Dejan Kulusevski leluasa menguasai bola dan mengoper ke Forsberg di dalam kotak penalti. Forsberg dengan tenang menceploskan bola ke gawang.

GOL! Polandia membalas hanya dua menit kemudian. Lewandowski memotong dari kiri lalu melepaskan tendangan melengkung yang meluncur antara dua bek dan tak bisa dihentikan Olsen.

Polandia menyamakan skor di menit ke-84! Umpan silang Frakowski diselesaikan Lewandowski untuk menyeimbangkan kedudukan jadi 2-2.

Lewandowski kembali jadi ancaman untuk Swedia di menit ke-89. Memotong dari kiri, sepakan kaki kanannya dihalau oleh Olsen. Upaya lanjutan dari Placheta ditahan kiper Swedia tersebut.

GOL! Swedia mencetak gol dramatis di menit ke-93. Umpan terobosan Kulusevski diterima Claesson dan diselesaikan ke gawang usai melepaskan diri dari penjagaan.

Dengan kemenangan ini, Swedia memastikan diri lolos sebagai juara Grup E Euro 2020. Blagult mengoleksi tujuh poin, dua poin di depan Spanyol yang lolos sebagai runner-up.

Susunan pemain:

Swedia: Robin Olsen; Mikael Lustig (Emil Krafth 68'), Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg (Claesson 77'); Robin Quaison (Dejan Kulusevski 55'), Alexander Isak (Marcus Berg 68')

Polandia: Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek; Kamil Jozwiak (Swierczok 61'), Grzegorz Krychowiak (Placheta 78'), Mateusz Klich, Tymoteusz Puchacz (Frankowski 46'); Karol Swiderski, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski

(raw/rin)