Mourinho Sarankan Inggris Ubah Formasi Saat Jumpa Jerman

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 25 Jun 2021 08:20 WIB
England players celebrate after scoring the opening goal during the Euro 2020 soccer championship group D match between Czech Republic and England at Wembley stadium in London, Tuesday, June 22, 2021. (AP Photo/Frank Augstein, Pool)
Jose Mourinho menilai Inggris punya opsi ubah formasi saat hadapi Jerman (Foto: AP/Frank Augstein)
London -

Jose Mourinho menilai Inggris punya opsi tampil dengan tiga bek saat jumpa Jerman. Trio John Stones, Tyrone Mings, dan Harry Maguire ideal meredam Nationalelf.

Inggris harus berjumpa lawan sulit yaitu Jerman di 16 besar Piala Eropa 2020. Duel Inggris vs Jerman bakal digelar di Wembley pada Selasa (29/6/2021) dini hari WIB.

Pertandingan ini bakal menyajikan duel adu taktik yang menarik antara Gareth Southgate dengan Joachim Loew. Southgate yang sebelumnya sempat bermain dengan tiga bek kini memainkan pakem 4-2-3-1 di laga fase Grup Piala Eropa 2020.

Sementara, Loew justru kebalikannya. Jerman yang sebelumnya identik dengan formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3 di bawah Loew kini bertranformasi menggunakan formasi 3-4-2-1. Agresivitas dua bek sayap Die Mannschaft, Robin Gosens dan Joshua Kimmich menjadi tumpuan Loew.

Melihat pertemuan antara Southgate dan Loew ini, Jose Mourinho menyarankan Inggris berganti formasi tampil dengan tiga bek demi meredam Jerman. Apalagi, Harry Maguire sudah kembali dari cedera.

The Special One menilai Inggris memiliki opsi untuk memainkan John Stones, Tyrone Mings, dan Maguire secara bersamaan. Mourinho merasa tiga bek ini bakal tampil solid meredam Jerman.

"Saya terus mengatakan ketika Anda memiliki opsi untuk memanggil 26 pemain, Anda harus mengambil risiko dengan melakukan perjudian memanggil pemain yang sedang cedera jika pemain itu pantas mendapatkannya," ujar Mourinho dikutip dari Talksport.

Maguire adalah salah satu pemain itu. Dia percaya diri, dia tenang dan cerdas (saat melawan Republik Ceko)."

"Dia membaca permainan dengan baik dan punya kerja sama yang baik dengan Stones. Mings juga melakukan pekerjaan yang fantastis. Anda bisa merasakan dia senang bermain hanya 10 atau 15 menit, dia adalah pemain tim."

"Saya tidak akan terkejut jika pertandingan berikutnya melawan Jerman, dengan cara mereka bermain memiliki Havertz, Muller dan Gnabry, tiga bek dan dua bek sayap - saya tidak akan terkejut jika Inggris bermain dengan tiga bek: Stones, Maguire dan Mings," jelasnya.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.



Simak Video "Sevilla, Kota Indah yang Jadi Tuan Rumah Grup E Piala Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/ran)