Inggris Tak Punya Peluang Kalahkan Jerman Jika Adu Penalti

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 25 Jun 2021 08:40 WIB
Englands Raheem Sterling, second right, is congratulated by teammates Englands Declan Rice, right, and Kyle Walker and Harry Kane, top, after scoring his team’s first goal during the Euro 2020 soccer championship group D match between the Czech Republic and England at Wembley stadium, London, Tuesday, June 22, 2021.
Inggris dinilai tak punya peluang kalahkan Jerman jika adu penalti (Foto: AP/Neil Hall)
London -

Lothar Matthaeus menilai Inggris tak punya peluang menang atas Jerman dalam adu penalti. Three Lions dibayangi rekor buruk di babak adu tos-tosan dengan Jerman.

Inggris bakal bersua Jerman di Wembley pada babak 16 besar Piala Eropa 2020, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. Laga-laga di Euro 2020 bisa disaksikan di Mola via detikcom di sini.

Kedua negara punya sejarah rivalitas yang begitu panjang di sepakbola. Jerman dominan sejak di era Jerman Barat atas Tim Tiga Singa jika menilik rekor pertemuan kedua tim di fase gugur turnamen besar,

Dalam lima pertemuan terakhir di fase gugur turnamen besar, Inggris hanya menang sekali sisanya menjadi milik Jerman. Dua kekalahan Inggris atas Nationalelf bahkan terasa menyesakan karena terjadi dengan laga yang harus dituntaskan lewat babak adu penalti.

Kekalahan Inggris oleh Jerman lewat adu penalti terjadi pada Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996. Berkaca dari catatan ini, legenda Jerman, Lothar Matthaeus, yakin Die Mannschaft bakal kembali menumbangkan jika laga di Wembley nanti di
tuntaskan lewat adu penalti.

Matthaeus sendiri turut andil saat Jerman menang adu penalti atas Inggris di Piala Dunia 1990. Kala itu, Matthaeus dkk menang 4-3 dari babak tos-tosan setelah laga imbang 1-1. Jerman kemudian menjadi juara di ajang ini usai di final menang 1-0 atas Argentina.

"Inggris memiliki peluang untuk menang, tapi tidak saat adu penalti. Dengan adu penalti saya yakin Jerman akan menang, (Inggris) harus menang sebelum 120 menit," ujar Matthaeus dikutip dari Guardian.

"Jerman selalu sangat bagus dalam adu penalti, ini menjadi sebuah lelucon antara Jerman dan Inggris. Jika kita harus menuntaskan laga dengan adu penalti, saya pikir Jerman adalah favorit.

Kemudian Anda mulai berpikir tentang apa yang terjadi dalam 30, 40 tahun terakhir, Euro 96 dan adu penalti lainnya. Ini adalah tekanan besar bagi para pemain Inggris - mereka membaca surat kabar dan mereka tahu cerita tentang adu penalti itu," jelasnya.

Pertemuan Inggris vs Jerman di fase gugur turnamen besar.

-Piala Dunia 1966 - Inggris menang 4-2 atas Jerman Barat di final

-Piala Dunia 1970: Inggris kalah 0-2 dari Jerman Barat di babak perempatfinal.

-Piala Dunia 1990: Pada waktu normal skor 1-1. Jerman menang adu penalti 4-3 pada babak semifinal.

-Piala Eropa 1996: Pada waktu normal skor 1-1. Jerman menang adu penalt 6-5 pada babak semifinal

-Piala Dunia 2010: Jerman menang 4-1 di babak 16 besar.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini



Simak Video "Perjalanan 15 Tahun Joachim Loew Bersama Jerman Berakhir!"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/ran)