ADVERTISEMENT

Kilau Dolberg Berkah di Balik Cederanya Poulsen

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 27 Jun 2021 04:20 WIB
Amsterdam -

Kasper Dolberg tampil sebagai bintang kemenangan Denmark atas Wales. Kilau Dolberg menjadi berkah di balik cederanya Yussuf Poulsen.

Denmark secara luar biasa mampu mengalahkan Wales 4-0 di Amsterdam Arena pada laga 16 besar Piala Eropa 2020, Sabtu (27/6/2021) malam WIB. Kasper Dolberg menjadi pahlawan Tim Dinamit berkat torehan dua golnya.

Penyerang Nice tersebut membobol gawang Danny Ward pada menit ke-27 dan 48. Dua gol Denmark lainnya dibuat oleh Joakim Maehle pada menit ke-88 dan Martin Braithwaite pada menit ke-90+4.

Kisah kepahlawanan Dolberg di laga ini bisa dibilang menjadi berkah terselubung dari cedera Yussuf Poulsen. Poulsen merupakan pilihan utama pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, di babak fase grup.

Penyerang RB Leipzig tersebut juga telah mengemas dua gol di Piala Eropa 2020. Namun di laga kontra Wales, ia tak bisa tampil akibat mengalami cedera otot gluteus.

Kondisi ini membuat Dolberg dipercaya Hjulmand tampil sebagai starter. Pemain 23 tahun ini sebelumnya hanya bermain sebagai pemain pengganti saat Denmark menang 4-0 atas Rusia pada laga terakhir Grup B. Di dua laga awal Denmark di Euro 2020, mantan pemain Ajax Amsterdam ini hanya menghangatkan bangku cadangan saat malawan Finlandia dan Belgia.

Meski minim menit bermain di Piala Eropa 2020, Dolberg tak canggung membongkar lini pertahanan Wales. Dikutip dari WhoScored, Dolberg membuat empat tembakan dengan tiga di antaranya on target dan mampu berbuah dua gol sepanjang 90 meni. Ia juga mampu mencatatkan dua dribel sukses.

Berkat performa apiknya tersebut, UEFA menganugerahi gelar Star of The Match laga Wales vs Denmark kepada Dolberg.

Dolberg tampak tak menyangka dengan keberhasilannya tersebut. Ia menyebut ini adalah hal gila.

Apalagi, hal tersebut dilakukan Dolberg di Amsterdam Arena. Stadion yang punya kenangan untuk Dolberg yang merintis karier sejak junior di Ajax.

"Ini benar-benar gila. Aku sebenarnya tidak tahu bagaimana perasaanku. Ini adalah kegilaan total. Ini nyata. Di sinilah semuanya dimulai untuk saya, dan bermain di sini lagi dalam kondisi seperti saat ini adalah hal yang gila," ungkap Dolberg dikutip dari situs UEFA.

Kemenangan atas Wales mengantarkan Denmark ke babak perempatfinal. Pada babak 8 besar, mereka bakal bersua dengan pemenang laga Belanda vs Republik Ceko.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(pur/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT