Euro 2020: Ini Kunci Belgia Singkirkan Portugal

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 10:15 WIB
Portugals Cristiano Ronaldo, right, reacts as Belgium players celebrate following the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between Belgium and Portugal at La Cartuja stadium, Seville, Spain, Sunday, June 27, 2021. (Lluis Gene/Pool Photo via AP)
Pelatih Belgia Roberto Martinez mengungkapkan kunci timnya mengalahkan Portugal di babak 16 besar Euro 2020. (Foto: AP/Lluis Gene)
Sevilla -

Meski kalah superior Belgia sukses menyingkirkan Portugal untuk lolos ke perempatfinal Euro 2020. Pelatih Belgia Roberto Martinez mengungkapkan kuncinya.

Belgia melaju setelah mengalahkan Portugal 1-0 di Stadion La Cartuja, Sevilla, Senin (28/6/2021) dinihari WIB. Gol semata wayang the Red Devils dicetak oleh Thorgan Hazard di babak pertama.

Kemenangan Belgia tidak didapat dengan gampang. Di pertandingan itu, Belgia kalah superior setelah cuma memiliki 43% penguasaan bola dan hanya membuat enam percobaan (satu on target). Belgia mesti menghadapi gempuran serangan Selecao das Quinas yang melahirkan total 23 percobaan (empat on target), termasuk satu percobaan yang sempat mengenai mistar gawang.

Martinez salut dengan level konsentrasi dan kedisiplinan Belgia. Meskipun Martinez percaya Belgia bisa saja menang lebih besar atas Portugal.

"Hari ini bukan hanya tentang bisa seberapa bagus kami, namun juga tentang bagaimana kami beradaptasi pada hal terbaik apa yang bisa Portugal lakukan yaitu melakukan persis seperti apa yang mereka butuh lakukan di pertandingan untuk menang," kata Martinez di Uefa.com.

"Itulah mengapa mereka itu juara EURO dan mereka memenangi Nations League: karena mereka punya pengalaman yang luar biasa dan mereka tahu bagaimana untuk mengambil momen-momen ketika mereka bisa melukai Anda."

"Kami menunjukkan konsentrasi yang luar biasa dan bertahan dengan sangat baik. Kami mengendalikan permainan dan bertahan dengan baik ketika kami diharuskan begitu. Kami mencetak sebuah gol yang sangat bagus dan kemudian di babak kedua, seperti yang Anda harapkan, Portugal mendapatkan lebih banyak momentum."

"Kami harus menunjukkan mentalitas yang luar biasa. Segalanya tadi tentang aspek-aspek itu tentang disiplin secara taktik, dan sangat-sangat cerdik. Seandainya kami bisa lebih baik dalam penguasaan bola dan bola terakhir, kami akan mungkin memiliki lebih banyak kegembiraan dari risiko yang diambil Portugal," cetus Martinez usai kemenangan Belgia.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)