Portugal Out, Ruben Dias: Bolanya Tak Mau Masuk Gawang Belgia

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 10:45 WIB
Portugals Ruben Dias thanks supporters following the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between Belgium and Portugal at La Cartuja stadium, Seville, Spain, Sunday, June 27, 2021. (Lluis Gene/Pool Photo via AP)
Portugal Tersingkir, Ruben Dias: Bolanya Tak Mau Masuk ke Gawang. (Foto: AP/Lluis Gene)
Sevilla -

Portugal dipaksa Belgia pulang lebih awal usai takluk 0-1 di babak 16 besar Euro 2020. Ruben Dias mengatakan, kekalahan Portugal bukan karena bermain buruk.

Bertanding di Stadion La Cartuja, Sevilla, Senin (28/6/2021) dinihari WIB, kekalahan Portugal ditentukan oleh gol Thorgan Hazard di paruh pertama. Selecao das Quinas tak mampu mencetak gol balasan sekalipun lebih superior dari Belgia.

Statistik Whoscored mencatat, Portugal memiliki 57% penguasaan bola dan menciptakan 23 percobaan (4 on target), berbanding enam percobaan Belgia (satu on target). Portugal juga sempat menggetarkan tiang gawang Belgia lewat upaya Raphael Guerreiro di menit-menit akhir permainan.

Ruben Dias sendiri sempat mengancam gawang Belgia di 10 menit terakhir. Namun, Thibaut Courtois membuat penyelamatan bagus untuk menangkap sundulan Dias hasil umpan Bruno Fernandes.

Usai pertandingan Ruben Dias mengatakan, Belgia lebih beruntung. Portugal sudah menciptakan banyak peluang namun bolanya tak mau masuk ke gawang.

"Aku tidak akan mengatakan bahwa ini adalah rencana permainan yang gagal," kata Dias kepada SportTV. "Aku bahkan akan mengatakan bahwa ini adalah rencana permainan yang membuat kami merasa nyaman dan superior."

"Sayang sekali, kami tidak mendapatkan apa yang paling kami inginkan. Terlepas dari apakah kami memiliki sebuah rencana permainan yang membuat kami bermain bagus atau buruk, kami toh harus menang. Kami tadi selalu nyaris mencetak gol. Bahkan di babak pertama, itu tadi pertandingan yang seimbang."

"Mereka akhirnya punya sedikit keberuntungan karena bolanya bergerak dengan arah yang aneh dan masuk ke gawang. Kami nyaris mencetak gol sepanjang waktu tapi bolanya tidak mau masuk ke gawang pada hari ini," sambung bek Manchester City itu.

"Satu-satunya hal yang bisa diambil adalah ini merupakan satu pelajaran lagi dan kami akan kembali dengan lebih tangguh," cetus Ruben Dias setelah Portugal tereliminasi dari Piala Eropa 2020.

Drawing Euro
(rin/raw)