Morata Dicaci Dulu, Cetak Gol Kemudian

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 06:45 WIB
Kopenhagen -

Alvaro Morata selalu dicaci selama Euro 2020. Tapi, Morata menjawab kritik itu lewat gol yang meloloskan Timnas Spanyol ke perempatfinal.

Morata diandalkan Luis Enrique di lini serang Spanyol. Dia jadi pemain depan yang selalu dipasang sebagai starter dari matchday pertama turnamen ini.

Tapi, Morata belum bisa menjawab kepercayaan itu dengan gol-gol. Morata tampil buruk saat menghadapi Swedia, sebelum mencetak gol ke gawang Polandia di laga kedua.

Morata membuang kesempatan emas saat penaltinya gagal ke gawang Slovakia, meski akhirnya Spanyol menang 5-0. Morata lagi-lagi dicaci saat Spanyol menghadapi Kroasia di perdelapanfinal, Senin (28/6/2021) malam WIB.

Morata tidak berkutik sama sekali sepanjang babak pertama di kotak penalti. Memang Morata membantu Spanyol lewat pergerakan di sisi sayap, tapi yang dibutuhkan dari penyerang adalah gol.

Ketika Spanyol harus bermain imbang 3-3 selama 90 menit, Morata tetap dipercaya di babak extra time 2x15 menit. Morata kemudian menjawab kritik yang ada lewat performa mantap di fase itu.

Morata mencetak gol di menit ke-100 yang membawa Spanyol unggul lagi 4-3, sebelum memastikan kemenangan lewat gol kelima yang dibuat Mikel Oryazabal.

Spanyol lolos ke babak perempatfinal dengan kemenangan 5-3. Selain satu gol itu, bagaimana penampilan Morata secara keseluruhan? Dikutip Squawka, Morata membuat 53 kali sentuhan, sembilan di antaranya di kotak penalti.

Lalu, ada delapan kali dia dilanggar lawan, delapan kali merebut bola, dua tekel, dan membuat empat attempts. Kerja keras Morata pun terbayar lunas.

"Memang betul saya tidak senang harus menjalani momen seperti ini, tapi sebagian besar rakyat Spanyol mendukung saya," ujar Alvaro Morata di Football Espana.

"Gol ini untuk istri, anak, dan semua yang mendukung saya. Anda harus menderita dulu sebelum mendapatkan momen seperti ini," sambungnya.

(mrp/yna)