Frank de Boer Tinggalkan Timnas Belanda

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 22:48 WIB
Netherlands coach Frank de Boer looks dejected after the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between the Netherlands and Czech Republic at the Puskas Arena in Budapest, Hungary, Sunday, June 27, 2021. (Attila Kisbenedek/Pool via AP)
Frank de Boer tinggalkan Timnas Belanda (AP/Attila Kisbenedek)
Amsterdam -

Selesai sudah petualangan Frank de Boer bersama Timnas Belanda. De Boer memutuskan berpisah dengan De Oranje.

Laga terakhir De Boer bersama Belanda adalah saat disingkirkan Republik Ceko di babak 16 besar Euro 2020. Belanda kalah 0-2 dan tidak membuat satu pun attempts on target sepanjang 90 menit.

De Boer pun dikritik habis karena pemilihan taktik serta pemain selama di Piala Eropa ini. Padahal Belanda berhasil lolos dari fase grup dengan sembilan poin dan membuat delapan gol di tiga laga.

Hasil kurang memuaskan ini membuat Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) tidak melanjutkan kerjasama dengan De Boer. Kedua pihak resmi pisah jalan per, Selasa (29/6/2021) malam WIB.

"Saya putuskan untuk tidak lanjut jadi pelatih Tim Nasional. Itu karena kami tidak bisa memenuhi target," ujar De Boer di situs resmi Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).

"Ketika saya ditunjuk jadi pelatih tim nasional pada 2020, itu merupakan tantangan sekaligus kehormatan buat saya, tapi saya juga tahu tekanan yang ada setelah saya ditunjuk jadi pelatih," sambungnya.

Frank de Boer diangkat jadi pelatih Belanda menggantikan Ronald Koeman September lalu. Koeman saat itu meninggalkan Belanda karena dikontrak Barcelona.

Selama ditangani De Boer, Belanda meraih delapan kemenangan, empat seri, dan tiga kekalahan dari 15 pertandingan.

"Tekanan yang ada semakin besar, dan kondisinya tidak sehat untuk saya, untuk sepakbola Belanda yang butuh lolos ke Piala Dunia. Saya berterima kasih kepada semua, terutama fans dan pemain."

"Saya juga memuji manajemen yang berhasil membuat iklim luar biasa di pusat latihan Belanda ini."

Belanda akan melanjutkan kiprahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Norwegia 1 September.

(mrp/raw)