Akhir Pahit Joachim Loew di Timnas Jerman

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 30 Jun 2021 01:41 WIB
Germanys manager Joachim Loew embraces Germanys Thomas Mueller at the end of the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between England and Germany at Wembley stadium in London, Tuesday, June 29, 2021. England won 2-0. (AP Photo/Frank Augstein, Pool)
Akhir pahit Joachim Loew di Timnas Jerman (AP/Frank Augstein)
London -

Joachim Loew tak dipungkiri adalah pelatih legendaris Timnas Jerman. Tapi, Loew mengakhiri kariernya di sana dengan buruk. Duh!

Loew menggantikan Juergen Klinsmann usai Piala Dunia 2006. Bersama Loew, Jerman jadi salah satu timnas yang konsisten bermain di level teratas.

Dimulai dari final Euro 2008, Jerman finis peringkat ketiga di Piala Dunia 2010, lalu semifinal Piala Eropa 2012, dan puncaknya adalah saat menjadi jawara Piala Dunia 2014 di Brasil.

Di turnamen itu, Jerman-nya Loew betul-betul ganas dan Brasil jadi korban saat dibantai 1-7 di semifinal. Setelah itu, Jerman sebenarnya masih cukup stabil meski tak mampu meraih trofi mayor lagi.

Jerman kandas di semifinal Euro 2016 dari Prancis, lalu sempat menjuarai Piala Konfederasi 2017. Nah, awal kejatuhan Jerman adalah Piala Dunia 2018.

Berstatus juara bertahan, Jerman cuma sekali menang di fase grup atas Swedia dan kalah dari Meksiko serta Korea Selatan. Alhasil, Die Mannschaft harus terhenti di fase grup!

Desakan untuk Loew mundur makin kencang setelah kegagalan di Piala Dunia itu, tapi federasi sepakbola Jerman (DFB) masih percaya penuh.

Sayangnya, Loew tidak bisa memperbaiki performa Jerman dan catatan buruk itu berlanjut di ajang UEFA Nations League ketika mereka tak bisa lolos dari fase grup pada dua kesempatan. Bahkan Jerman tahun lalu merasakan kekalahan 0-6 dari Spanyol.

Penebusan terakhir Loew ada di Piala Eropa 2020 ketika mereka lolos dari fase grup sebagai runner-up. Performanya terbilang pas-pasan juga karena selain kemenangan 4-2 atas Portugal, Jerman tampil buruk saat dikalahkan 0-1 oleh Prancis dan berimbang 2-2 kontra Hungaria.

Sayangnya, Loew tidak bisa menuntaskan kariernya sebagai pelatih Jerman dengan mulus. Menghadapi Inggris di babak 16 besar, Selasa (29/6/2021) malam WIB, Jerman takluk dengan skor 0-2 lewat gol-gol Raheem Sterling dan Harry di 15 menit akhir laga.

Jerman harus angkat koper dan Loew pun menyudahi kariernya di Jerman dengan tidak menyenangkan. Tuntas sudah 15 tahun perjalanan Loew bersama Jerman.

Selama menangani Jerman, Joachim Loew melalui 197 pertandingan dengan 124 kemenangan, 40 imbang, dan 33 kekalahan. Rasio kemenangan 62,94 persen dengan 467 gol dicetak.

Auf Wiedersehen, Loew!

(mrp/raw)