Prancis Gagal di Euro 2020, Posisi Deschamps Gimana?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 30 Jun 2021 07:30 WIB
Frances manager Didier Deschamps, centre, reacts after his team lost the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between France and Switzerland at the National Arena stadium in Bucharest, Romania, Tuesday, June 29, 2021. (AP Photo/Vadim Ghirda, Pool)
Prancis tersingkir dari Euro 2020, bagaimana masa depan Didier Deschamps? (AP/Vadim Ghirda)
Bukares -

Timnas Prancis tampil mengecewakan setelah kandas di babak 16 besar Euro 2020. Tapi, posisi Didier Deschamps sebagai pelatih diklaim aman.

Sebagai salah satu favorit juara, performa Prancis memang tidak memuaskan sepanjang Euro ini. Cuma menang 1-0 atas Jerman lewat gol bunuh diri di partai perdana, Prancis diimbangi 1-1 oleh Hungaria dan 2-2 oleh Portugal.

Performa itu lantas berlanjut saat menghadapi Swiss di babak 16 besar. Meski tertinggal duluan di babak pertama, Prancis berbalik unggul 3-1 atas Swiss.

Tapi, dua gol Swiss di 10 menit akhir pertandingan membuat skor 3-3 dan laga berlanjut sampai extra time. Prancis akhirnya harus takluk lewat drama adu penalti dengan skor 4-5.

Ini tentu mengecewakan mengingat Prancis berstatus sebagai tim unggulan dan secara kualitas skuat ada di atas Swiss. Maka wajar jika posisi Deschamps sebagai pelatih mulai dispekulasikan.

Nama Zinedine Zidane yang sedang menganggur usai meninggalkan Real Madrid muncul sebagai kandidat utama. Apalagi Deschamps kabarnya akan bertemu presiden Federasi Sepakbola Prancis Nole Le Graet pekan depan terkait kelanjutan kariernya.

Kontrak Deschamps sendiri memang akan habis setelah Piala Dunia 2022 dan sempat akan diperpanjang sampai 2024. Tapi, melihat pencapaian di Euro 2020 yang tak sesuai target semifinal, bisa saja Deschamps lebih cepat pergi.

Terkait isu tersebut yang dikutip ESPN, Le Graet dan segenap anggota federasi masih percaya dengan kinerja Deschamps. Dia dianggap masih sosok tepat untuk membawa Prancis mempertahankan gelar di Qatar tahun depan.

"Kami akan segera membicarakan itu dan akan membicarakan soal yang terjadi ke depannya. Target saya sih semifinal," ujar Le Graet beberapa waktu lalu kepada L'Equipe.

"Dia sudah melakukan yang terbaik sebelum ini. Saya tidak memusingkan masa depannya sama sekali. Kami masih satu pemikiran untuk terus bersama dan saya belum bicara dengannya, jadi kita lihat saja."

Didier Deschamps bakal memasuki tahun ke-10 menangani Prancis di 2022. Selama menangani Prancis, Deschamps melalui 117 laga dengan 76 kemenangan, 23 imbang, dan 18 kekalahan.

(mrp/adp)