Joachim Loew Tinggalkan Timnas Jerman, Selanjutnya Mau Apa?

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 30 Jun 2021 15:30 WIB
Germanys manager Joachim Loew weaves before the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between England and Germany, at Wembley stadium, in London, Tuesday, June 29, 2021. (Matthew Childs/Pool via AP)
Joachim Loew mau ngapain setelah meninggalkan posisi pelatih timnas Jerman? (Foto: AP/Matthew Childs)
London -

Era Joachim Loew selesai setelah Jerman kandas di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Lalu apa rencana Loew selanjutnya?

Kekalahan dari Inggris 0-2 di Wembley, Selasa (29/6/2021) menandai berakhirnya masa jabatan Loew sebagai pelatih Jerman. Die Mannschaft tersingkir usai kebobolan gol-gol dari Raheem Sterling dan Harry Kane di 15 menit terakhir pertandingan.

Hasil itu turut menandai lengsernya Joachim Loew sebagai pelatih Jerman dan akan digantikan Hansi Flick. Selama 15 tahun membesut Manuel Neuer cs, Loew mencapai prestasi tertinggi ketika memenangi Piala Dunia 2014 di Brasil.

Pada awalnya, Loew sempat dihubungkan dengan beberapa klub top Eropa macam Real Madrid, Juventus, Borussia Moenchengladbach, RB Leipzig, dan Tottenham Hotspur. Dari lima klub yang disebut itu hanya Tottenham saja yang masih belum memiliki pelatih baru untuk musim 2021/2022.

Lantas bagaimana rencana Loew berikutnya? Apakah Loew akan langsung melatih lagi atau memilih istirahat dulu? Hal yang jelas adalah pelatih berusia 61 tahun itu belum mengambil keputusan.

"Saat ini saya belum mengambil keputusan apapun," ungkap Loew di Daily Mail. "Ketika saya memutuskan berhenti setelah turnamen ini saya punya beberapa pemikiran yang berbeda tapi kita lihat saja dalam beberapa hari dan pekan."

"Setelah 15 tahun melatih Jerman, akan bagus untuk mundur dan akan ada energi yang baru di dalam diri saya dan saya akan memutuskan. Saya belum terlalu memiliki sebuah rencana yang jelas."

"Saya butuh rehat secara emosional jadi wajar saja kalau Anda butuh sedikit jarak dan tidak mencari sebuah proyek baru. Saya akan membutuhkan waktu ini tapi akan ada pekerjaan-pekerjaan baru yang akan menarik untuk saya," Joachim Loew menambahkan.

(rin/krs)