Tatapan Pilu Manuel Neuer Usai Laga Inggris Vs Jerman

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 30 Jun 2021 17:45 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 29: Manuel Neuer of Germany applauds the fans after the UEFA Euro 2020 Championship Round of 16 match between England and Germany at Wembley Stadium on June 29, 2021 in London, England. (Photo by Frank Augstein - Pool/Getty Images)
Manuel Neuer menatap pilu usai kekalahan timnya di laga Inggris vs Jerman. (Foto: Getty Images/Frank Augstein - Pool)
London -

Manuel Neuer menatap sedih ke pinggir lapangan ketika Jerman dipastikan tersingkir dari Piala Eropa 2020 di tangan Inggris. Ada apa gerangan?

Neuer tampil sebagai kapten tim Jerman di babak 16 besar Euro 2020. Penjaga gawang 35 tahun itu memimpin rekan-rekannya menghadapi Inggris di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB.

Jerman mendapat tekanan dari Inggris sedari awal pertandingan. Namun, Neuer mampu membendung serangan-serangan The Three Lions hingga turun minum. Babak pertama ditutup tanpa gol.

Gawang Manuel Neuer akhirnya terkoyak di menit ke-75. Raheem Sterling sukses menceploskan bola ke jala usai menerima umpan silang mendatar dari Luke Shaw. Inggris memimpin 1-0.

Tim tuan rumah menggandakan keunggulan empat menit sebelum waktu normal berakhir. Kali ini giliran Harry Kane yang membobol gawang Neuer lewat bola tandukannya, menyambut crossing matang dari Jack Grealish.

Timnas Jerman tak kuasa menyamakan ketertinggalan dua gol di sisa waktu yang ada. Laga tuntas dengan kemenangan Inggris 2-0, sekaligus menjadi akhir dari perjalanan Die Mannschaft di Piala Eropa 2020.

Neuer terlihat memandang sedih ke pinggir lapangan tepat setelah wasit meniup pluit akhir pertandingan. Pandangannya menuju ke arah bangku pemain Jerman, khususnya kepada sang pelatih Joachim Loew.

Ya, Neuer menyadari bahwa kekalahan ini menjadi akhir dari karier Loew menangani Timnas Jerman. Juru taktik 61 tahun itu dipastikan cabut dari Nationalelf, menyusul tersingkirnya Thomas Mueller dkk dari Euro 2020.

Loew adalah sosok yang berjasa mengangkat Neuer sebagai penjaga gawang Jerman pada 2009. Eks pelatih Austria Wina itu pula yang mengantarkan kiper Bayern Munich itu menjadi kampiun Piala Dunia 2014.

SOCHI, RUSSIA - JUNE 21:  Manuel Neuer of Germany speaks with head coach Joachim Loew during the Germany Training & Press Conference at Park Arena training ground on June 21, 2018 in Sochi, Russia.  (Photo by Alexander Hassenstein/Getty Images)Joachim Loew bersama Manuel Neuer di Timnas Jerman. (Foto: Getty Images/Alexander Hassenstein)

"Setelah peluit akhir, saya menatap ke arah bangku pelatih dan tentu saja saya merasa sedih ketika melihat Jogi," kata Neuer, dilansir dari Bild.

"Dia pria yang hebat dan sosok luar biasa yang telah mencapai banyak hal bersama kami sebagai pelatih. Sangat menyedihkan bahwa era dia berakhir seperti ini," sambungnya.

"Mantan-mantan pemain berutang banyak kepadanya dan dia yang membentuk era tersebut. Ini sangat menyakitkan," demikian kata Manuel Neuer perihal akhir perjalanan Joachim Loew di Timnas Jerman.

(bay/krs)