Inggris Vs Jerman: Neuer dan Kane Sepakat Pakai Ban Kapten LGBTQ+

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 17:15 WIB
MUNICH, GERMANY - JUNE 19: Manuel Neuer of Germany applauds the fans following victory in the UEFA Euro 2020 Championship Group F match between Portugal and Germany at Football Arena Munich on June 19, 2021 in Munich, Germany.  (Photo by Matthias Schrader - Pool/Getty Images)
Manuel Neuer mengenakan ban kapten pelangi. (Foto: Getty Images/Matthias Schrader - Pool)
London -

Manuel Neuer dan Harry Kane bakal mengenakan ban kapten pelangi di laga Inggris vs Jerman. Ini dilakukan sebagai aksi solidaritas kepada kelompok LGBTQ+.

Jerman menjadi sorotan sepanjang gelaran Piala Eropa 2020. Hal ini tak lepas dari keputusan Neuer selaku kapten Die Mannschaft yang memakan ban kapten berwarna pelangi di tiga laga fase grup.

Ban kapten pelangi itu merupakan simbol solidaritas untuk komunitas LGBTQ+ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer, dan lain-lain). Neuer memakainya sebagai dukungan untuk perayaan Pride Month di bulan Juni.

UEFA sempat menginvestigasi aksi Manuel Neuer karena diduga sebagai pernyataan politik. Investigasi tersebut mendapat kritikan dari 20 komunitas kelompok LGBTQ+ di seluruh Eropa.

Komunitas LGBTQ+ Eropa juga menyayangkan dugaan insiden homofobia dan rasisme selama dua pertandingan grup di Hungaria. Fans dari The Magyars membentangkan spanduk penolakan terhadap bendera pelangi dan aksi berlutut yang merupakan simbol gerakan Black Lives Matter.

UEFA kemudian menghentikan investigasi setelah menilai ban kapten pelangi merupakan simbol tim untuk keberagaman. Lampu hijau pun diberikan lantaran aksi itu dianggap memiliki 'tujuan baik'.

Timnas Inggris menjadi salah satu pihak yang mendukung sikap Neuer dan Jerman. The Three Lions menyampaikan bahwa Harry Kane selaku kapten tim akan mengenakan ban kapten pelangi di laga kontra Die Mannschaft, Selasa (29/6).

Pernyataan itu disampaikan Timnas Inggris di laman resmi Twitter The Three Lions. Inggris menegaskan sikap mereka mendukung komunitas LGBTQ+ di seluruh dunia.

"Harry Kane akan bergabung bersama kapten Jerman, Manuel Neuer, untuk mengenakan ban kapten dalam laga besok di Stadion Wembley guna menandai akhir dari Pride Month. The Three Lions berpihak kepada komunitas LGBTQ+ di seluruh dunia," begitu isi pernyataan resmi Timnas Inggris.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)