Deschamps Out, Zidane In?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 01 Jul 2021 10:27 WIB
Real Madrids head coach Zinedine Zidane gestures during the Spanish La Liga soccer match between Granada and Real Madrid at Los Carmenes stadium in Granada, Spain, Thursday, May 13, 2021. (AP Photo/Fermin Rodriguez)
Deschamps Out, Zidane In? (Foto: AP/Fermin Rodriguez)
Jakarta -

Makin santer saja rumor Zinedine Zidane bakal masuk menggantikan Didier Deschamps sebagai pelatih tim nasional Prancis usai Euro 2020.

Hal itu tak lepas dari fakta bahwa Prancis, juara Piala Dunia 2018 dan runner-up Euro 2016, relatif gagal memenuhi ekspektasi pada gelaran kali ini.

Di fase grup, sekalipun bisa lolos di posisi teratas dalam sebuah grup neraka, Prancis cuma mampu meraih satu kemenangan dan dua hasil seri dengan mencetak 4 gol dan kebobolan 3 gol.

Di 16 besar, Prancis harus ketinggalan dulu atas Swiss. Walaupun setelah itu bisa bangkit dan balik memimpin 3-1, Les Bleus pada akhirnya harus rela melihat lawannya menyamakan skor di sisa waktu normal. Ketiadaan gol di extra time bikin laga berjalan sampai adu penalti dengan bintang masa depan Prancis, Kylian Mbappe, jadi satu-satunya penendang gagal. Prancis tersingkir.

Situasi itulah yang kini membuat masa depan Didier Deschamps sebagai pelatih Prancis mulai dispekulasikan. Kontraknya sendiri memang masih berjalan sampai setelah Piala Dunia 2022, tapi ada dugaan bakal ada pembahasan evaluasi usai Euro 2020 ini.

Jika kemudian Federasi Sepakbola Prancis (FFF) memutuskan untuk pisah jalan dengan Deschamps dalam waktu dekat, situasinya diyakini tepat buat masuknya Zinedine Zidane.

Saat ini Zidane sedang lowong, setelah tidak lagi melatih Real Madrid. Mantan playmaker timnas Prancis itu pun sudah lama digadang-gadang sebagai calon pengganti Deschamps. Presiden FFF Noel Le Graet juga tampak membuka lebar kemungkinan tersebut.

"Ia adalah seseorang yang saya senangi, kesuksesannya sebagai pemain dan pelatih tak perlu disangsikan lagi," kata Graet dalam wawancara dengan Le Figaro.

"Suatu hari nanti Zidane akan melatih Prancis. Kapan? Entahlah. Hari ini saya tidak punya informasi buat Anda soal itu."

(krs/aff)