Xavi: Spanyol Dikritik Gara-gara Tak Bawa Pemain Real Madrid

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 02 Jul 2021 08:00 WIB
Spanish players react after the Euro 2020 soccer championship group E match between Spain and Poland at the La Cartuja stadium in Seville, Spain, Saturday, June 19, 2021. (Lluis Gene/Pool via AP)
Xavi Hernandez menilai timnas Spanyol di Euro 2020 dikritik karena tidak membawa pemain Real Madrid (Foto: AP/Lluis Gene)
Jakarta -

Tim nasional Spanyol sempat jadi sasaran kritik selama Euro 2020. Xavi Hernadez menilai kritik itu datang karena Spanyol tak memasukkan pemain Real Madrid.

Luis Enrique tak menyertakan satu pun pemain Real Madrid di skuad Spanyol untuk Piala Eropa 2020. Ini jadi pertama kalinya dalam sejarah tidak ada pemain Real Madrid di skuad Spanyol untuk Piala Eropa.

Enrique menyebut kebugaran sebagai alasan utama di balik absennya pemain Real Madrid dari skuad Spanyol. "Mungkin kalau (Dani) Carvajal dan (Sergio) Ramos main lebih sering, mereka mungkin akan ada di daftar skuad," ujar Enrique saat mengumumkan skuad pada Mei lalu.

Spanyol kemudian disorot setelah startnya di Piala Eropa 2020 tidak terlalu mulus. La Furia Roja meraih hasil imbang di dua laga pertama di fase grup melawan Swedia dan Polandia sebelum akhirnya menang atas Slovakia untuk lolos ke babak 16 besar.

Xavi menilai kritik untuk Spanyol wajar. Mantan gelandang Barcelona itu menyebut kritik itu utamanya datang karena Spanyol tidak membawa pemain Real Madrid ke Euro 2020.

"Buat saya kelihatannya apa yang terjadi wajar karena lingkungan Spanyol sangat kritis dan koneksi antara media dan tim kecil," ujar Xavi di Movistar seperti dilansir Marca.

"Karena itu, lebih sulit meraih trofi bersama Spanyol, tapi kami pernah melakukannya."

"Jauh lebih sulit jika pelatih tidak membawa pemain dari Real Madrid. Kritik-kritik itu akan datang dan Anda harus tahu bagaimana menerimanya," kata pria yang kini menangani Al-Sadd itu.

Langkah Spanyol di Euro 2020 kini sudah sampai babak perempatfinal usai menyingkirkan Kroasia dengan skor 5-3 lewat extra time di babak 16 besar. Alvaro Morata dkk selanjutnya akan menghadapi Swiss di babak perempatfinal di Krestovsky Stadium, St. Petersburg, Jumat (2/7/2021) malam WIB.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/pur)