Prediksi Belgia vs Italia: Bagaikan Laga Puncak, Sulit Ditebak

Tim detikcom - Sepakbola
Jumat, 02 Jul 2021 12:10 WIB
Britain Football Soccer - UEFA EURO 2020 Launch Event - London City Hall - 21/9/16
The UEFA EURO 2020 logo on display with the European Championship trophy during the launch
Action Images via Reuters / Tony OBrien
Livepic
EDITORIAL USE ONLY.
Foto: Action Images via Reuters / Tony O'Brien
Jakarta -

Untuk memprediksi Belgia vs Italia di perempatfinal Euro 2020 tidaklah mudah. Kedua tim sama-sama mumpuni, membuat laga ini sebenarnya layak jadi partai puncak.

Belgia dan Italia sama-sama punya modal yang membuat kedua tim masuk jajaan favorit di Euro 2020, yang tetap mengusung nama resmi itu walaupun baru bisa digelar tahun 2021 lantaran terimbas pandemi.

The Red Devils, julukan Belgia, punya materi pemain top di tiap lini. Bahkan dari empat pertandingan yang dijalani sejauh ini, Belgia mampu sapu bersih kemenangan dalam 2x45 menit permainan.

Di fase grup Belgia mampu menyikat Rusia, Denmark, dan Finlandia lewat torehan total 7 gol dan 1 kali bobol. Di 16 besar, giliran juara bertahan Portugal yang dihabisi dengan skor 1-0.

Satu hal yang bakal bikin kubu Belgia harap-harap cemas adalah kondisi Kevin De Bruyne, yang terkilir pergelangan kakinya saat lawan Portugal. Sang playmaker diduga takkan cukup bugar untuk main sedari awal lawan Italia. Kondisi serupa dialami kapten Eden Hazard, yang saat ini juga mengalami cedera ringan berupa masalah otot.

Laju Italia di Euro 2020 pun tak kalah mantap. Sapu bersih kemenangan juga masih dilakukan, dimulai dari keberhasilan menundukkan Turki, Swiss, dan Wales tanpa kebobolan satu gol pun di fase grup! Di fase itu Italia mencetak total 7 gol.

Catatan clean sheet Gli Azzurri, yang sudah memanjang selama beberapa waktu, pada akhirnya memang luntur di 16 besar akibat ulah Austria. Italia butuh extra time untuk menyingkirkan lawannya itu dengan skor 2-1 -- sekaligus memperpanjang rentetan tak terkalahkan.

Dari segi pemain, pelatih Roberto Mancini relatif tak mengalami masalah untuk meracik formasi terbaik. Justru boleh jadi ia dipusingkan karena pemain-pemain seperti Matteo Pessina dan Manuel Locatelli lagi unjuk gigi dan layak masuk starting XI. Kondisi Marco Verratti, sang dirigen lini tengah, juga terus membaik lewat dua penampilan apik.

Belgia di lima laga terakhir

Belgia vs Portugal: 1 - 0
Finlandia vs Belgia: 0 - 2
Denmark vs Belgia: 1 - 2
Belgia vs Rusia: 3 - 0
Belgia vs Kroasia: 1 - 0

Italia di lima laga terakhir

Italia vs Austria: 2 - 1
Italia vs Wales: 1 - 0
Italia vs Swiss: 3 - 0
Turki vs Italia: 0 - 3
Italia vs Republik Ceko: 4 - 0

Jadwal perempatfinal Euro 2020Jadwal perempatfinal Euro 2020. Foto: via BracketHQ

Prediksi Belgia vs Italia untuk line-up:

Belgia: Courtois; Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen; T. Hazard, Witsel, Tielemans, Meunier; Mertens, Lukaku, Carrasco

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Immobile, Insigne

Prediksi skor Belgia vs Italia di Euro 2020:

Duel ini menghadapkan dua tim yang relatif punya hasil dan laju mentereng di Euro 2020. Kedua tim bahkan sama-sama baru kebobolan 1 gol sejauh ini dan mencatatkan 3 clean sheet. Duel yang sebenarnya layak jadi partai puncak ini pun jadi sulit ditebak.

Namun, kondisi tim bikin Italia sedikit lebih diunggulkan untuk laga Sabtu (3/7) dini hari WIB. Federico Chiesa diprediksi akan dipasang sedari menit awal untuk memaksimalkan kecepatan dalam merepotkan lini belakang Belgia.

Romelu Lukaku-nya Belgia dijagokan untuk menambah koleksi golnya di Euro 2020 dalam laga ini. Tapi Italia masih diprediksi akan keluar jadi pemenang usai melewati duel sengit dengan skor akhir 2-1.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(krs/rin)