Kroos Puji Kimmich yang Rela Main di Bek Kanan Saat Euro 2020

Putra Rusdi K - Sepakbola
Sabtu, 03 Jul 2021 22:20 WIB
INNSBRUCK, AUSTRIA - JUNE 02: Joshua Kimmich of Germany runs with the ball during the international friendly match between Germany and Denmark at Tivoli Stadion on June 02, 2021 in Innsbruck, Austria. (Photo by Alexander Hassenstein/Getty Images)
Toni Kroos memuji Joshua Kimmich yang rela main jadi bek kanan di Piala Eropa 2020 (Foto: Getty Images/Alexander Hassenstein)
Munich -

Toni Kroos memuji kerelaan Joshua Kimmich bermain sebagai bek kanan pada Piala Eropa 2020. Joachim Loew lebih memilih Kroos untuk bermain di lini tengah.

Kiprah Kroos bersama Jerman di Piala Eropa 2020 harus terhenti di babak 16 besar. Die Mannschaft tersingkir setelah kalah 0-2 dari Inggris.

Setelah kegagalan ini, Kroos memutuskan pensiun dari timnas Jerman, Jumat (2/7/2021). Ia mengakhiri pengabdiannya bersama Nationaelf sejak melakoni debut pada 2010 silam.

Kroos mampu mengemas 17 gol dan 19 assist dalam 109 penampilannya bersama Jerman. Gelandang 31 tahun ini turut andil membawa Jerman menjuarai
Piala Dunia 2014.


Kroos pada turnamen terakhirnya bersama Jerman, tetap menjadi pilihan utama Joachim Loew di lini tengah. Ia bisa dibilang memenangi persaingan dengan Joshua Kimmich.

Hal ini membuat Kimmich harus rela bermain di posisi lamanya yaitu bek kanan. Terkait persaingannya di lini tengah dengan Kimmich, Kroos buka suara usai pensiun.

Gelandang Real Madrid ini memuji sikap Kimmich yang tak keberatan tidak bermain di posisi favoritnya di lini tengah. Kerelaan Kimmich bermain di bek kanan menurut Kroos menjadi bukti bahwa pemain Bayern Munich ini selalu mengutamakan kepentingan tim.

"Jo adalah pria seperti saya yang menempatkan kesuksesan di atas segalanya dan karena itu kami bermain untuk tim. Dia melakukan itu di Euro, seperti yang dia lakukan sebelumnya di Bayern. Dia berhasil bermain sebagai bek kanan saat mengantarkan meraih gelar Liga Champions 2020," ujar Kroos dikutip dari Bild.

"Dia secara jelas mengatakan bahwa dia lebih suka bermain di lini tengah. Namun, akan sulit untuk menemukan posisi favorit yang mutlak dalam sistem untuk masing-masing pemain," jelasnya.

Kini usai pensiunnya Kroos, Kimmich tampaknya bakal bisa kembali bermain di posisi favoritnya. Rumor yang berhembus pelatih anyar Jerman, Hansi Flick hampir pasti bakal mengandalkan Kimmich dan Leon Goretzka dalam sistemnya seperti saat membesut Bayern.



Simak Video "Budapest dan Munich Jadi Tuan Rumah Piala Eropa, Ada Apa Saja di Sana?"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)