Toni Kroos Pensiun dari Timnas Jerman

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 02 Jul 2021 21:00 WIB
Jakarta -

Berakhir sudah penampilan Toni Kroos buat timnas Jerman. Pemain tengah 31 tahun itu baru saja mengumumkan keputusan untuk pensiun dari level timnas.

Seperti dilansir Sky Sports, fokus Kroos kini tertuju kepada kariernya di level klub bersama Real Madrid. Ia juga ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.

"Aku sudah bermain 106 kali buat Jerman. Tidak akan ada lagi yang berikutnya," kata Kroos dalam pernyataan yang dirilis di Twitter.

"Aku sungguh berharap, dan aku pun sudah berusaha semaksimal mungkin, bisa mencatatkan penampilan yang ke-109 dan satu gelar besar ini, juara Eropa, bisa aku tambahkan di akhir karier."

"Adalah sebuah kebanggaan besar buatku bisa memakai jersey ini untuk selama itu. Aku melakukannya dengan rasa bangga dan hasrat besar."

Toni Kroos, yang sudah mencetak 17 gol dan 19 assist dalam 109 penampilan di timnas Jerman, sudah menjalani laga terakhirnya di level internasional ketika Die Mannschaft tunduk 0-2 dari Inggris di babak 16 besar Euro 2020.

RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JULY 13: Toni Kroos of Germany celebrates with his medal after defeating Argentina 1-0 in extra time during the 2014 FIFA World Cup Brazil Final match between Germany and Argentina at Maracana on July 13, 2014 in Rio de Janeiro, Brazil.  (Photo by Martin Rose/Getty Images)Toni Kroos dengan medali juara Jerman di Piala Dunia 2014, berkat keberhasilan menang atas Argentina di partai final. Foto: Getty Images/Martin Rose

Toni Kroos sendiri mengawali debutnya di timnas Jerman pada tahun 2010. Kesempatan tampil perdana itu diberikan oleh Joachim Loew, yang sebelum ini juga sudah meninggalkan posisinya sebagai pelatih timnas Jerman setelah 15 tahun berada di posisi tersebut.

Salah satu puncak karier Toni Kroos di timnas adalah ketika membantu Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014. Saat itu Kroos, yang memainkan setiap menit dalam perjalanan Jerman di Brasil, juga masuk daftar 11 pemain terbaik sebagai satu dari tiga pemain tengah yang dianggap paling bersinar sepanjang turnamen.

Simak video 'Perjalanan 15 Tahun Joachim Loew Bersama Jerman Berakhir!':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/krs)