Euro 2020: Gol Cepat Inggris Kacaukan Rencana Ukraina

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 04 Jul 2021 06:30 WIB
Jakarta -

Ukraina langsung mendapatkan pukulan telak dari Inggris di awal pertandingan. Gol cepat diakui membuat rencana-rencana Ukraina buyar.

Ukraina kalah 0-4 saat menghadapi Inggris di Olimpico, Roma, Minggu (4/6/2021) dini hari WIB pada laga perempatfinal Euro 2020. Inggris yang tampil dominan sudah memimpin di menit keempat melalui Harry Kane.

Gol itu menjadi landasan bagus buat Inggris, meski skor 1-0 sempat bertahan sampai turun minum. Selepas restart, Inggris kembali menggebrak dengan cepat untuk unggul 3-0 berkat gol Harry Maguire dan Kane pada menit ke-46 dan 50.

Jordan Henderson menggenapi kemenangan Inggris menjadi 4-0 lewat golnya pada menit ke-63. Ukraina pun mengakui, secara keseluruhan Inggris memang pantang untuk menang.

The Three Lions punya enam peluang on target dari 10 tembakan, sementara Ukraina hanya punya dua kesempatan mengarah ke gawang dari tujuh percobaan.

"Saya yakin kemenangan Inggris malam ini sepenuhnya pantas buat mereka. Ucapan selamat saya buat mereka, saya mendoakan mereka semoga beruntung di laga-laga berikutnya," ungkap Kapten Ukraina Andriy Yarmolenko.

"Rasanya kami mengalami disorientasi oleh gol cepat mereka. Kami sebenarnya punya strategi, kami punya taktik untuk pertandingan ini. Tapi ketika Anda kebobolan di menit ketiga, segala sesuatunya membesar seperti bola salju dan Anda harus merapatkan barisan lagi," imbuhnya di situs resmi Euro 2020.

Tersingkir di perempatfinal tak membuat Ukraina terlalu kecewa. Bisa mencapai tahap ini disebut Yarmolenko sudah menjadi pencapaian besar. Ini adalah laju terbaik Ukraina di Piala Eropa.

"Kami adalah tim bagus dengan sekumpulan pemain bagus. Tidak ada yang menghancurkan kami. Kami tahu apa yang membantu permainan kami dan kami tahu kami bisa bermain," sambungnya.

"Terlepas dari hasil-hasilnya, meskipun kalah 4-0 hari ini, saya bangga menjadi bagian tim ini. Saya rasa ini adalah pencapaian besar buat tim kami bisa mencapai titik ini. Dan saya ingin menyelamati fans kami untuk hal ini," tandas Yarmolenko.

(raw/bay)