Ukraina Vs Inggris: 7 Fakta Kemenangan Telak The Three Lions

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Minggu, 04 Jul 2021 09:20 WIB
Roma -

Duel Ukraina vs Inggris di perempatfinal Euro 2020 dimenangi The Three Lions dengan skor telak 4-0. Berikut fakta-fakta di balik kemenangan Harry Kane dkk.

Inggris menghadapi Ukraina di perempatfinal Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. Inggris unggul 1-0 di babak pertama berkat gol cepat Harry Kane pada menit keempat.

Di paruh kedua, Inggris mencetak tiga gol tambahan. Gol-gol dari Harry Maguire, Kane, dan Jordan Henderson memantapkan kemenangan Inggris.

Ini akan jadi semifinal ketiga Inggris di Piala Eropa. Sebelumnya, mereka lolos ke semifinal Piala Eropa pada 1968 dan 1996.

Lolos ke semifinal, Inggris akan menghadapi Denmark yang melaju usai menyingkirkan Republik Ceko. Laga Inggris vs Denmark akan digelar di Stadion Wembley, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Berikut ini adalah data dan fakta dari laga Ukraina vs Inggris seperti dirangkum BBC:

- Gareth Southgate adalah manajer kedua yang membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia dan Piala Eropa, setelah Alf Ramsey pada 1966 dn 1968.

- The Three Lions mencatat tujuh clean sheet secara beruntun untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Mereka tidak kebobolan selama 662 menit.

- Ini adalah kekalahan terbesar Ukraina dalam pertandingan di turnamen besar, menyamai kekalahan 0-4 dari Spanyol di fase grup Piala Dunia 2006.

- Raheem Sterling sudah terlibat dalam 22 gol dalam 21 pertandingan terakhirnya untuk Inggris (15 gol, 7 assist), sementara Harry Kane sudah terlibat dalam 27 gol dalam 26 penampilan terakhirnya untuk Three Lions (18 gol, 9 assist).

- Sterling sudah memberi enam assist untuk Harry Kane di timnas Inggris di semua kompetisi, paling banyak di antara pemain Inggris yang pernah memberi assist untuk pemain lain di abad ke-21.

- Assist Luke Shaw untuk Harry Maguire adalah kali pertama dua pemain Manchester United bekerja sama bikin gol untuk Inggris di turnamen besar sejak David Beckham memberi assist untuk Paul Scholes di laga melawan Portugal di Euro 2000.

- Kiper Inggris Jordan Pickford sudah mencatat lima clean sheet di Euro 2020. Tidak ada kiper yang pernah mencatat clean sheet lebih banyak di satu kompetisi sebelumnya.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/bay)